Kongres PAN Diramaikan Ribuan Penggembira

Anak Amien Masuk Bursa Sekjen

Rabu, 06 Januari 2010 – 03:01 WIB
BATAM - Kongres III PAN akan segera dimulai Kamis (7/1) besok di BatamRibuan peserta mulai berdatangan ke kota terbesar di Kepulauan Riau itu

BACA JUGA: Foto Hatta Radjasa Menyebar di Batam

"Ada 1.250 peserta yang memiliki hak suara
Diperkirakan, 3.000 kader dan pengurus PAN dari berbagai daerah juga hadir untuk meramaikan kongres PAN ini," ungkap Antony Lendra, Humas Panitia Lokal Kongres III PAN, kepada Batam Pos (Jawa Pos Group), Selasa (5/1) kemarin.

Antony menjelaskan, hak suara tersebut berasal dari DPP PAN, DPW PAN dari 33 provinsi, serta seluruh DPD kota/kabupaten

BACA JUGA: Pekan Depan, Golkar Putuskan Calon Kepala Daerah

Yang mempunyai hak suara di DPP adalah pengurus inti dan masing-masing kepala departemen
Di masing-masing DPW, ada tiga hak suara yang meliputi ketua, sekretaris dan bendahara

BACA JUGA: Posisi Politik Yenny Wahid Makin Sulit

Sementara itu, masing-masing DPD memiliki dua hak suara, yaitu untuk ketua dan sekretaris.

Di Batam, peserta kongres menginap di beberapa hotel berbintang, seperti Hotel Planet Holiday, Hotel Pasifik, Harmoni, Goodway, Melia Panorama dan Grand Majesty"Panitia menyediakan sekitar 100 unit mobil rentalSemua sudah habis dipesan oleh peserta yang akan datangRata-rata DPW meminta 5-10 mobil," ujar Bony, panggilan akrab Antony Lendra.

Kongres PAN itu akan dibuka Kamis besok di Stadion Tumenggung Abdul JamalSelain kongres, juga bakal diadakan Musyawarah Nasional (Munas) PANAcara puncaknya adalah pemilihan Ketua Umum PAN untuk lima tahun ke depan, yang akan berlangsung pada 9 Januari nantiHingga saat ini, kata Bony pula, untuk sementara baru ada dua kader PAN yang akan maju dalam pemilihan ketua umum, yaitu Hatta Rajasa dan Dradjad Wibowo.

Sementara itu diberitakan, mengiringi persaingan Hatta dan Dradjad untuk memperebutkan posisi Ketua Umum DPP PAN periode 2010-2015, sejumlah nama kandidat Sekjen pun mulai bermunculanKontestasi yang berkembang diprediksi tak kalah panas dan seru daripada perebutan kursi ketua umum.

Paling tidak, sudah ada tiga nama kader PAN yang dipandang layak untuk menempati jabatan prestisius setelah ketua umum tersebutSalah seorang di antaranya adalah Ahmad Hanafi Rais, putra sulung pendiri partai, Amien RaisHanafi yang disebut-sebut mempunyai visi seperti ayahnya tersebut, akan bersaing dengan Viva Yoga Mauladi dan Taufik Kurniawan.

"Tiga kader ini berpotensi kuat menempati posisi Sekjen PAN lima tahun ke depan," kata anggota Steering Committee (SC) Kongres, Agus Sarwanto, di Jakarta, Selasa (5/1).

Menurut Agus, ketiganya memiliki pengalaman dan track record baik, sehingga memenuhi persyaratan yang menjadi garis partai"Mereka pasti mampu menjalankan tugas dengan baik," ujar fungsionaris DPP PAN itu.

Agus lantas menuturkan kelebihan setiap kandidatViva Yoga Mauladi dan Taufik Kurniawan katanya, merupakan anggota DPR periode 2009-2014Keduanya juga menduduki jabatan strategis di SenayanViva Yoga menjabat sebagai Sekretaris Fraksi PAN, sedangkan Taufik menjadi Ketua Komisi VSementara itu, di internal DPP PAN, Viva Yoga menjabat Wasekjen, sementara Taufik menjadi Ketua DPP.

"Selama ini Viva Yoga yang mem-back up Zulkifli Hasan sebagai Sekjen DPP PAN periode 2005-2010Dengan begitu, dia tahu persis dunia kesekjenan di PAN," kata Agus"Taufik yang sudah lama berkecimpung di PAN dipercaya sebagai Ketua Organizing Committee (OC) dalam Kongres PAN di Batam nantiIni membuktikan dia mampu dan layak," imbuh Agus pula.

Bagaimana dengan Ahmad Hanafi Rais? "Dia (adalah) sosok muda PAN yang layak diperhitungkanDi samping punya kharisma, Hanafi pandai berpolitik," jawab AgusSaat ini, putra sulung Amien Rais itu lebih banyak menggeluti dunia akademis dengan menjadi dosen di FISIP UGM, Jogjakarta.

Tampilnya Ahmad Hanafi Rais memang tidak bisa diremehkanSaat kandidat Ketua Umum PAN Drajad Wibowo mendeklarasikan pencalonannya di Jogjakarta 18 Desember lalu, nama Hanafi dielu-elukan sebagai pasangan Sekjen untuk DrajadApalagi, Hanafi menjadi Ketua Tim Sukses Drajad Wibowo dalam Kongres PAN iniAdapun Viva Yoga dan Taufik Kurniawan kabarnya lebih memilih untuk merapat ke Hatta Rajasa.

Menurut Agus, pilihan peserta kongres meliputi DPP, DPW dan DPD dari seluruh Indonesia terkait ketua umum, akan sangat menentukan"Karena Sekjen nanti ditentukan dan diplot oleh MPP (Majelis Pertimbangan Partai) dan ketua umum terpilih kelak," katanya.

Sementara itu ketika dikonfirmasi, Taufik sendiri memilih untuk tidak banyak berkomentar"Semua bergantung kongres," ujar Taufik.

Sedangkan kandidat Ketum PAN, Hatta Rajasa, menilai kontestasi politik yang berkembang di PAN saat ini masih berjalan dalam koridor yang sehat"Partai itu akan hidup kalau ada kompetisi yang sehat," katanya, setelah menerima Charta Politika Award di Hotel Nikko, Senin (4/1) malam lalu.

Terkait posisi politik Amien Rais dalam Kongres PAN, Hatta berkeyakinan bahwa mantan Ketua MPR (periode 1999-2004) itu akan bersikap netralArtinya katanya, tidak akan secara terbuka memihak dirinya ataupun kandidat lain, seperti Dradjad Wibowo.

"Saya kira Pak Amien netral," ujarnyaMeski Mumtaz Rais telah menyatakan dukungan terhadap dirinya, Hatta mengingatkan bahwa putra Amien Rais yang lain, yakni Hanafi Rais, nyatanya memilih untuk masuk ke kubu Drajad Wibowo"Ya, nggak apa-apa," katanya sambil lantas tersenyum.

Lebih lanjut, Hatta membantah anggapan bahwa PAN akan berada di "ketiak" SBY kalau dirinya yang terpilih memimpin partai berlambang matahari biru tersebutMenurut Hatta, menjadi kritis itu tidak perlu beroposisi"Susah juga, karena beroposisi terus merasa harus selalu kritis," sindirnyaMenurut Hatta, saat mengkritik sesuatu, harus ada tawaran solusi"Jangan komentar saja," tandasnya(bp/pri)

BACA ARTIKEL LAINNYA... RUU Cabut Perppu JPSK Segera Dibahas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler