KONI Ajukan 577 Nomor

Tunggu Pengesahan Menpora

Sabtu, 08 Januari 2011 – 17:19 WIB

JAKARTA - KONI akhirnya usai menggodok nomor-nomor dari cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada Sea Games 2011 mendatangDalam pemaparan bersama Inasoc (Indonesian Sea Games  organizing comittee), kemarin (7/1), disepakati bahwa ada 577 nomor yang akan diajukan ke menteri pemuda dan olahraga (Menpora).

"Jumlah itu masih bisa berubah seandainya menpora (Andi Malarangeng, Red) merasa ada yang perlu dibenahi

BACA JUGA: Menpora: Diadu Saja Biar Ramai

Tapi, saya yakin itu bakal disetujui," kata ketua umum KONI Rita Subowo saat ditemui di kantornya.

Menurut dia, ke-577 cabor yang diajukan tersebut sudah digodok dengan matang setelah melakukan pembicaraan bersama pengurus tiap-tiap cabor
Rita yakin bahwa tiap nomor yang diajukan itu juga banyak yang berpotensi emas bagi Indonesia.

Sebelumnya, lanjut dia, banyak cabor yang mengajukan nomor tapi tidak memiliki track record yang bagus di sisi perolehan medali

BACA JUGA: Petro Gaet Pemain Latin

Bahkan, ada juga cabor yang mengajukan nomor dimana Negara lain ternyata lebih kuat.

"Wah, kalau itu lolos berarti blunder karena negara lain ternyata punya juara di tingkat Asia
Beruntung kami juga mengadakan perhitungan-perhitungan dengan tim yang ada tentang nomor tersebut," ucapnya.

Salah satu proses perhitungan yang dilakukan adalah membandingkannya dengan perolehan medali dua Negara kuat Asia Tenggara, Malaysia dan Thailand

BACA JUGA: Cedera Kembali Sudutkan Ivanovic

Perhitungannya pun mengacu pada hasil di tiga Sea Games terakhir.

Nah, dari 43 cabang yang akan dipertandingkan, perubahan tidak terjadi di seluruh caborHanya  limacabor saja yang mengalami pengurangan dan penambahan nomorSayang, Rita tidak mau membocorkan terlebih dahulu cabor apa saja yang mengalami perubahan tersebut.

"Tunggu sampai sudah disahkan oleh menteri agar tidak ada lagi ribut-ribut dengan cabor kalau terlanjur naik ke media," ujar perempuan asal Yogyakarta tersebut.

Tapi, Rita sempat menyebutkan bahwa Wushu adalah salah satu cabor yang sempat mengalami perubahan nomorDia memeparkan bahwa sebelumnya nomor yang diajukan oleh PB WI lebih banyak dikuasai oleh MalaysiaSelain itu, dia juga menyebut akan memperjuangkan nomor Marathon Swimming karena Indonesia mampu menunjukkan hasil bagus dan meraih perak pada ajang Asian Beach Games 2010 lalu di bawah Tiongkok.

Kendati demikian, nomor yang jumlahnya ratusan tersebut tidak bisa secara otomatis akan dipertandingkan di Sea GamesSebab, KONI juga masih akan memperjuangkannya pada Sea Games council meeting di Bali akhir Januari mendatang.

"Kami akan berusaha melobi mereka supaya cabor yang berpotensi emas bisa dipertandingkan dan tidak dicoretUsaha keras akan kami lakukan demi target Indonesia menjadi juara umum," tandasnya(aam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ipswich Depak Roy Keane


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler