Konon Inilah Alasan Elektabilitas Prabowo Mengungguli Ganjar dan Anies, Oh

Selasa, 11 April 2023 – 10:13 WIB
Dokumentasi - Prabowo-Ganjar terlihat akrab mendampingi Presiden Jokowi saat Panen Raya Padi di Kebumen, Jawa Tengah pada Kamis, beberapa waktu lalu. Foto: Tim Media Prabowo Subianto

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Senior Indonesia Survey Center (ISC) Chairul Ansari menyebut empat alasan elektabilitas Prabowo Subianto unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, dalam survei bursa calon presiden untuk Pilpres 2024.

"Ada empat menurut kami yang kuat, yakni kinerja sebagai menteri pertahanan, endorsement Jokowi, komunikasi yang makin intensif, dan sikap Prabowo pasca-Pemilu 2019," kata Chairul dalam keterangan secara daring di Jakarta, Senin (10/4).

BACA JUGA: Begini Reaksi Prabowo Subianto soal Sandiaga Pindah Partai ke PPP

Menurut dia, kinerja Prabowo sebagai menteri pertahanan (menhan) dianggap publik masih sangat baik.

Dampaknya, kinerja itu dianggap mampu memberikan kontribusi dalam menopang dan mempertahankan sentimen positif terhadap kinerja pemerintahan Jokowi.

BACA JUGA: Elektabilitas Ganjar, Prabowo, dan Anies Versi Survei LSI Terkini, Ada Pergeseran

Lalu, sikap dan perlakuan Presiden Jokowi kepada Prabowo beberapa waktu terakhir.

Dia menilai endorsement atau sokongan Jokowi terhadap Prabowo sangat menentukan kesuksesan memenangkan kontestasi Pemilu 2024.

BACA JUGA: Andi Arief Sarankan Anas Urbaningrum Minta Maaf ke SBY, Gede Pasek Usulkan Sebaliknya

"Masih cukup signifikannya pemilih loyal Jokowi," ucapnya.

Berikutnya, langkah safari politik ketua umum DPP Partai Gerindra itu ke beberapa daerah juga memberi kontribusi positif.

Selain itu, sikap Prabowo yang mempersatukan bangsa dengan bergabung dalam kabinet Jokowi-Maruf juga dinilai menjadi faktor pendongkrak elektabilitas, terutama dari sisi pemilih Jokowi.

Dari hasil survei ISC, tingkat popularitas Prabowo Subianto sebesar 96,7 persen, unggul dari Ganjar Pranowo (91 persen), dan Anies Baswedan (89,7).

Sementara tingkat likeabilitas atau kesukaan terhadap Prabowo 89,7 persen, Ganjar 84,3 persen, dan Anies Baswedan 84 persen.

Kemudian, jika pilpres digelar saat survei dilakukan, Prabowo Subianto menjadi pilihan utama dengan dukungan 33,5 persen, diikuti Ganjar 18,4 persen, dan Anies Baswedan 18,2 persen.

Sementara 22,4 persen tersebar pada sembilan bakal calon lainnya dan 7,5 persen belum menentukan pilihan.

Survei itu dilaksanakan dalam kurun waktu 27 Maret sampai 6 April 2023 menggunakan teknik pencuplikan sampel multistage random sampling varian area random sampling.

Riset dilakukan terhadap 1.520 responden dengan margin of error lebih kurang 2,5 persen dan confidence interval 95 persen.(Antara/JPNN.com)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler