Konsultan Regional IPDMIP Diharapkan Menghasilkan Banyak Terobosan

Sabtu, 27 November 2021 – 09:57 WIB
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi. Foto: dok Kementan

jpnn.com, SOLO - Program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) memiliki dampak yang amat luas terhadap peningkatan pembangunan pertanian di Indonesia.

Sejak pertama kali digulirkan, IPDMIP berhasil memperbaiki ribuan titik irigasi di daerah-daerah. Termasuk di dalamnya pengembangan kapasitas SDM petani.

BACA JUGA: Anggota Geng Motor Terkapar di Jalan, Polisi Temukan Celurit

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa IPDMIP merupakan upaya strategis yang mengembangkan orientasi baru, di mana pola pengembangan program didasarkan pada komponen-komponen utama pengembangan pertanian. Yakni Ketersediaan air, teknologi, rekomendasi teknis yang optimal, akses pembiayaan pertanian dan akses pasar dengan peningkatan nilai produk petani.

"Ini akan menjawab kebutuhan program peningkatan pembangunan pertanian sekaligus menjawab kebutuhan petani," ujar Dedi saat memberikan arahan pada acara Peningkatan Sinergitas, Monitoring, dan Evaluasi Kinerja Konsultan Regional Proyek IPDMIP di Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (25/11) malam.

BACA JUGA: Anggaran untuk Program IPDMIP di Kuningan Dirasakan Manfaatnya

Dedi memaparkan bahwa program pertanian saat ini difokuskan untuk mendorong terciptanya ketahanan pangan dan kedaulatan pangan yang harus dimulai dengan upaya peningkatan produktivitas dan indeks pertanaman.

Di sisi lain, luas lahan pertanian sudah mulai sulit untuk diperluas, sehingga peningkatan produktivitas dan indeks pertanaman menjadi pilihan yang tepat untuk menjamin ketersediaan pangan di Indonesia, khususnya beras.

"Dengan produktivitas rata-rata nasional padi sekitar 5,13 ton/ha, jagung 4,93 ton/ha dan kedelai 1,51 ton/ha dan indeks pertanaman secara nasional 140 persen (BBPPMBTPH, 2019), maka saat ini kita mempunyai pekerjaan rumah yang besar untuk mengejar target produktivitas yang optimal sesuai dengan potensi produksi setiap varietas dan program pencapaian IP 400," paparnya.

Dedi mengatakan IPDMIP diharapkan mampu menjadi bagian penting dalam pencapaian target program Kementerian Pertanian.

Oleh karena itu, diperlukan metode implementasi yang efektif di setiap tahapan kegiatan. IPDMIP harus bisa memberikan kontribusi di 72 kabupaten lokasi proyek, melalui perluasan penerapan teknologi-teknologi yang meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan pendapatan petani.

Untuk itu, konsultan regional IPDMIP harus mampu menghasilkan terobosan-terobosan baru di seluruh lokasi proyek, baik dalam pengembangan sistem pertanian di daerah irigasi, perbaikan atau peningkatan akses pasar, dan peningkatan akses pada layanan keuangan perdesaan.

"Sehingga tujuan proyek dapat terwujud," jelas Dedi.

Dia menjelaskan kalau konsultan regional, baik tenaga ahli maupun koordinator kabupaten, harus mampu menyediakan bantuan dan dukungan yang efektif kepada semua unit pengelola proyek di tingkat provinsi dan kabupaten, bahkan sampai ke tingkat BPP, untuk merumuskan dan mengaplikasikan metode dan kegiatan, agar setiap kegiatan untuk semua komponen proyek dapat menghasilkan output yang konkret yang mendukung pencapaian tujuan proyek.

"Termasuk membantu unit pelaksana proyek di tingkat provinsi dan kabupaten dalam melakukan monitoring dan evaluasi secara regular, sehingga tindakan-tindakan korektif dan akseleratif bisa segera dilakukan bila dijumpai adanya hambatan ataupun permasalahan di lapangan dalam pelaksanaan kegiatan proyek," tambah Dedi.

Terpisah, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan kalau keberadaan konsultan regional harus memberikan kontribusi yang nyata dalam pencapaian efektivitas dan akselerasi pelaksanaan kegiatan dan pemanfaatan dana hibah on-granting di daerah. Sehingga, proyek dapat melayani petani secara luas (outreach minded) dan mencapai manfaat secara optimal bagi petani (benefit minded).

"Konsultan regional juga membantu proyek dalam mengelola pengetahuan (knowledge management) dengan mengumpulkan dan mendokumentasikan pengetahuan, pembelajaran, dan pengalaman yang dihasilkan dari pelaksanaan proyek, untuk kemudian menyebarluaskannya melalui berbagai kemasan dan media," katanya.

Menurut SYL, ilmu-ilmu dan pengetahuan yang bersifat local specific yang berguna untuk disebarkan di wilayah lain yang setipe, akan sangat bermanfaat dalam penguatan pengayaan rekomendasi teknis.

"Ouput-nya menjadi lebih beragam, lebih kaya dan mendorong manfaat yang lebih besar pagi petani dan penyuluh," beber menteri asal Sulawesi Selatan tersebut. (jpnn)


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler