Konsumsi 8 Makanan Terbaik Ini untuk Kesehatan Ginjal Anda

Rabu, 13 Maret 2019 – 10:02 WIB
Ginjal. Foto: Ilustrasi Boldsky

jpnn.com - Ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran dari dalam darah dan mengirimnya ke kandung kemih untuk diubah menjadi urine (air kencing). Selain itu ginjal juga mengatur tekanan darah, mengatur penyerapan air, mengendalikan keasaman dalam tubuh, dan menyeimbangkan kadar elektrolit (kalium, fosfor, dan kalsium).

Karena fungsinya yang vital tersebut, mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal tentu bisa memperingan dan memudahkan pekerjaan ginjal. Apalagi bagi orang yang memang memiliki gangguan fungsi ginjal karena kondisi tertentu.

BACA JUGA: Berapa Lama Boleh Menahan Kencing?

Jangan salah, makanan yang baik untuk ginjal itu tidak perlu yang mahal-mahal, kok. Makanan rumahan yang bisa ditemukan dengan mudah di pasar pun bisa membantu Anda menjaga kesehatan ginjal. Simak daftar lengkapnya berikut ini, seperti dilansir laman Stylecraze, Selasa (12/3).

Baca juga: 5 Cara Mudah Jaga Kesehatan Ginjal

BACA JUGA: Makanan Penyebab Asam Urat Bisa Picu Penyakit Ginjal?

1. Air

Air adalah ramuan ajaib. Air memiliki kekuatan untuk mengembalikan kesehatan Anda. Tapi jangan berlebihan. Jumlah air yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari adalah 8 gelas untuk wanita dan 13 gelas untuk pria. Yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memahami berapa gelas air yang harus Anda minum per hari, tergantung pada kondisi ginjal Anda dan aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA: 5 Cara Mudah Jaga Kesehatan Ginjal

2. Kubis

Baca juga: Makanan Penyebab Asam Urat Bisa Picu Penyakit Ginjal?

Kubis adalah sayuran berdaun hijau yang mengandung phytochemical. Antioksidan yang ada di dalamnya membantu melawan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko kanker, penyakit kardiovaskular, dan disfungsi ginjal. Kubis kaya akan vitamin dan mineral, tetapi bukan yang berpotensi membahayakan ginjal.

3. Paprika Merah

Paprika merah baik untuk kesehatan ginjal karena rendah potasium. Mereka juga menambah warna dan rasa pada hidangan, bersama dengan vitamin C, B6, A, asam folat, dan serat. Paprika merah mengandung antioksidan lycopene yang menawarkan perlindungan terhadap beberapa jenis kanker. Anda bisa menambahkan paprika merah ke tuna, salad ayam atau mentah saja.

4. Bawang Merah

Bawang mengandung flavonoid dan quercetin yang mencegah pengendapan bahan lemak dalam pembuluh darah. Quercetin adalah antioksidan yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.Bawang ramah ginjal dan rendah kalium. Mereka juga mengandung chromium yang membantu memetabolisme lemak, protein, dan karbohidrat.

5. Asparagus

Asparagus rendah kalori dan sarat dengan vitamin A, K, dan C. Pada tikus hipertensi, asparagus telah terbukti menjaga fungsi ginjal.

Baca juga: Benarkah Sering Minum Jamu Picu Gagal Ginjal?

6. Bawang putih

Seperti halnya bawang merah, bawang putih memiliki bau yang menyengat. Namun, bawang putih adalah salah satu obat herbal yang paling manjur. Plus, bawang putih membantu meningkatkan rasa makanan yang ditambahkan. Para peneliti telah menemukan bukti signifikan bahwa jus bawang putih, bersama dengan metformin (obat yang diresepkan untuk pasien diabetes tipe 2), menunjukkan efek renoprotektif.

7. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran ramah ginjal yang kaya akan vitamin C, folat, dan serat. Kembang kol juga mengandung senyawa yang penting bagi hati dan menetralkan zat beracun dalam tubuh.

8. Apel

Apel merupakan sumber yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Apel memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu mengurangi kolesterol jahat, penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Karena diabetes berkaitan erat dengan gagal ginjal, mengonsumsi apel bisa membantu melindungi Anda dari masalah ginjal.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Benarkah Sering Minum Jamu Picu Gagal Ginjal?


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler