Konsumsi BBM PLN Meningkat

Jumat, 22 Juli 2011 – 22:37 WIB

JAKARTA - PT PLN (Persero) belum bisa menekan angka penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk menggerakkan pembangkit listrikPada semester 1 tahun 2011 ini konsumsi BBM PLN meningkat, yakni dari 4,7 Kiloliter pada periode yang sama tahun 2010 lalu menjadi 5,6 jut KL.

"Pada Semester 1 tahun 2011 ini volume BBM yang dikonsumsi Pembangkit PLN  mencapai 5,64 juta KL dan membangkitkan energi sebesar 20,8 TWh

BACA JUGA: Jeep Genjot Ekspansi Pasar

Jika dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu  mengalami peningkatan yang hanya 4,76 juta dan membangkitkan 17,1 TWh," ujar Nur Pamudji, Direktur Energi Primer PLN, Jumat (22/7).

Untuk penggunaan batubara (pembangkit milik PLN dan IPP) mencapai 19 juta ton atau naik sekitar 12 persen jika  dibandingkan periode yang sama tahun lalu
Selanjutnya volume gas  163 tbtu atau turun 7 persen dari  periode yang sama tahun lalu sebesar 176 tbtu.

"Sedangkan produksi pembangkit geothermal tidak berbeda dengan tahun lalu yakni sebesar 4,7 TWh," terangnya.

Disebutkan juga, produksi PLTA 6,5 TWh atau mengalami penurunan dari periode tahun lalu sebesar  8,6 TWh

BACA JUGA: IHSG Dibayangi Koreksi

Ini katanya  karena faktor musim.  "Tahun lalu memang lebih basah dibanding tahun ini," ujar Nur
Lebih basah maksudnya tahun lalu inflow sungai lebih tinggi.

Total secara keseluruhan, energi yang dibangkitkan pada Semester-1 tahun 2011 ini adalah 88,2 TWh

BACA JUGA: Semester I, AJP Raih Premi Rp 600 M

Bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, ujarnya,  terjadi kenaikan 6,3 persen

Nur Pamudji mengakui bahwa perbaikan kontribusi Batubara pada semester 1 dibanding 2010 ini belum terlalu signifikaKarena PLTU-PLTU 10 ribu MW yang baru seperti Indramayu, Rembang, Lontar dan Suralaya-8 serta Tanjungjati 3 baru mulai beroperasi diakhir Semester 1.

"Penggunaan batubara pada Semester 2 tahun 2011 ini akan semakin meningkat karena PLTU-PLTU tersebut akan beroperasi penuh," tukasnya.

Ditambahkannya pula, pada semester 2  ini PLN juga akan mendapat tambahan gas sebesar 65 bbtudGas ini berasal  dari lapangan gas Jambi Merang yang akan dialirkan ke  PLTGU Muaratawar melalui mekanisme swap dengan gas Conoco Philips yang mengalir ke Chevron.  

"Mengenai prognosa penggunaan bahan bakar sampai akhir 2011 yakni batubara 45 juta ton, gas 344 tbtu, BBM 9 juta kl dengan  Produksi listrik 180 TWh," pungkasnya(yud/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hari Raya Dongkrak Penjualan Mobil Eropa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler