Koperasi Hartanah Gelar Rapat Anggota Tahunan, Cari Solusi untuk Generasi Penerus

Kamis, 15 Juni 2023 – 21:27 WIB
Upaya Koperasi Hartanah Bantu UMKM di Kabupaten Tangerang. Foto: dok. Koperasi Hartanah

jpnn.com, JAKARTA - Koperasi Hartanah makin serius dalam memperkenalkan manfaat koperasi kepada masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi.

Hal ini ditandai dengan melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2022 di 101 Urban Hotel Jakarta.

BACA JUGA: Idris Laena Raih Gelar Doktor, Berharap Koperasi Berdampak Bagi Kemajuan Nasional

Hal tersebut merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan setiap tahunnya yang mana memang sudah menjadi ketentuan wajib bagi seluruh koperasi sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

RAT ini diadakan sebagai wujud pertanggungjawaban pengurus dan pengawas sebuah koperasi kepada seluruh anggotanya.

BACA JUGA: Bamsoet dan Menteri Teten Masduki Sepakat Libatkan Koperasi dan UKM di Setiap Event IMI

RAT Koperasi Hartanah yang telah membuka kantor perwakilan pelayanan di Tangerang selatan ini mengangkat tema 'Bersama Koperasi Wujudkan Impian Setiap Generasi'.

"Pada pandemi yang terjadi beberapa waktu lalu, kita tahu bahwa tidak sedikit perusahaan yang melakukan pengurangan karyawan dan bangkrut. Tidak sedikit pula koperasi yang menyatakan gagal bayar kepada anggotanya hingga dinyatakan tutup. Namun, Koperasi Hartanah masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini karena pengaturan cash flow yang tepat, mampu berinovasi dan berpikir kreatif dalam menemukan solusi baru untuk para anggotanya yang terdiri dari berbagai generasi," ujar Ketua Koperasi Hartanah Makmur Sentosa Johny Gunawan.

BACA JUGA: Resmi Diluncurkan, Koperasi Digital Propertree Ingin Jadi Penggerak Ekonomi Rakyat

Johny mengatakan Koperasi Hartanah selalu memberikan program dan mengeluarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan anggota, dengan begitu anggota terbantu dan tetap bertahan di masa pandemi lalu.

Rapat Anggota ini dilakukan dengan sistem hybrid menggunakan aplikasi zoom untuk memfasilitasi anggota yang berhalangan hadir karena memang pada prinsipnya Koperasi Hartanah merupakan koperasi primer nasional yang mana anggota Koperasi Hartanah.

Para anggota tidak hanya ada di Jabodetabek saja tetapi ada di Surabaya, Bandung, Palembang, Medan, Bali, Sidoarjo, Sukabumi dan masih banyak lagi.

Dia menyampaikan berdasarkan situasi perkembangan koperasi saat ini, tentu saja hal ini merupakan tugas dan tantangan kami sebagai pengurus Koperasi Konsumen Hartanah untuk dapat turut serta dan juga mengambil bagian dalam pertumbuhan dan perkembangan koperasi Indonesia.

Salah satunya dengan rutin melakukan RAT setiap tahun yang mana kegiatan ini sangat penting dilakukan karena merupakan bentuk pengendalian agar Koperasi dapat berada di alurnya sesuai fungsinya dan dapat merumuskan program ke depan sehingga penguatan ekonomi berjalan dengan baik.

“Pada tahun-tahun terakhir, Koperasi di Indonesia telah mengadopsi transformasi digital yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan pasar. Salah satu aspek utama dari transformasi digital koperasi adalah penggunaan platform dan aplikasi online. Banyak koperasi telah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun platform digital yang memungkinkan anggota koperasi untuk mengakses informasi, melakukan transaksi, dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan secara online. Ini menghilangkan hambatan geografis dan meningkatkan keterlibatan anggota, terutama bagi mereka yang berada di daerah terpencil,” imbuh Johny.

Namun, menurut Johny, belum banyak masyarakat Indonesia terutama generasi muda yang melirik koperasi sebagai pilihan tempat untuk menabung padahal menabung di Koperasi memiliki banyak keuntungan.

Misalnya, imbal hasil bunga di atas deposito perbankan, admin free serta pajak bunga yang jauh lebih rendah dibanding pajak bunga tabungan di bank. Melalui pemanfaatan platform digital, saat ini para anggota tidak perlu harus mendatangi kantor koperasi hanya untuk mendaftar dan menabung menggunakan aplikasi Koperasi Hartanah.

Koperasi Hartanah selalu ingin memberikan yang terbaik kepada para anggotanya, terbukti saat ini telah memiliki beberapa produk baru yang bisa menjawab kebutuhan para anggotanya dan masyarakat umum khususnya generasi muda di Tangerang Selatan seperti Hartanah Mart untuk membantu UMKM, Gajian Sekarang yang mana karyawan dapat mengambil gajian lebih awal, cicilan emas dan The 100 Club yang merupakan komunitas yang bisa membantu generasi muda untuk mencapai 100 juta pertama mereka. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler