Koramil Batom Tangkap 2 Anggota KSB, Barang Bukti Banyak Banget

Rabu, 08 September 2021 – 08:49 WIB
Dua anggota kelompok bersenjata Ngalum Kupel pimpinan Lamek Taplo yang ditangkap di distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Selasa (7/9). Foto: diambil dari ceposonline

jpnn.com, PEGUNUNGAN BINTANG - Tim dari Koramil 1715-05/Batom menangkap dua anggota kelompok sipil bersenjata Ngalum Kupel pimpinan Lamek Taplo di distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Selasa (7/9).

Penangkapan berawal dari informasi warga Kampung Abukerom yang melihat dua orang tidak dikenal menggunakan perahu jenis Johnson dari arah PNG menuju ke Mongham daerah basis kelompok bersenjata.

BACA JUGA: TNI AL Mendorong Percepatan Penyelesaian Overhaul KRI Cakra-401

Dua anggota KSB itu terlihat di kawasan Kampung Muara.

Warga melaporkannya kepada Koramil Batom.

BACA JUGA: Detik-detik Puluhan Calon Bintara TNI AD Disidang, Telanjang Dada


Barang bukti yang diamankan anggota Koramil Batom dari KSB, Selasa (7/9). Foto: ANTARA/HO/Penerangan Korem 172/PWY

Dengan menggunakan speedboat, empat anggota Koramil yang dipimpin Sertu Ari Netson Arabia beserta beberapa pemuda dan anggota Linmas Batom, menuju ke Kampung Muara.

BACA JUGA: Masa Jabatan Panglima TNI Diperpanjang? Begini Reaksi Bang Dasco

Sertu Ari dan tim kemudian melakukan pengepungan di pertengahan sungai Oksip – Mongham.

Mereka akhirnya menangkap dua orang bernama Yulian Uropmabin (36) dan Kapol Uropmabin (42).

Danrem 172/Praja Wira Yakti Brigjen TNI Izak Pangemanan menyampaikan, kedua tersangka kemudian diamankan di Makoramil Batom untuk dilaksanakan pemeriksaan lanjutan dan ditahan.

Dari operasi tersebut, Koramil mengamankan barang bukti di antaranya dua pucuk senjata M16 yang salah satunya dilengkapi dengan GLM, satu pucuk senjata double loop, dua pucuk senjata laras panjang rakitan, amunisi 5,56 mm 35 butir, amunisi GLM dua butir, dan dua buah handphone.

Ada juga enam buah senjata tajam, satu buah solar cell, lima buah flasdisk, satu buah bendera OPM, satu buah ketapel, satu lembar FC KK, satu buku kartu kesehatan, dua lembar tiket pesawat, satu buah buku saku, delapan buah tas, satu buah tenda payung, satu lembar kartu anggota atas nama Yulian Uropmabin.

“Saya mengapresiasi kerja sama yang dilakukan oleh Koramil Batom bersama masyarakat,” ujar Danrem. (fia/cepos)


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler