Korban Gempa China Kian Menderita

Dokter dan Obat Terbatas, Sudah 600 Jiwa Lebih Tewas

Jumat, 16 April 2010 – 03:43 WIB
Foto : AP
XINING - Jumlah korban tewas akibat gempa China terus bertambahSudah 617 jiwa tewas, sementara masih banyak lagi korban yang tertimbun reruntuhan

BACA JUGA: Gempa Susulan Diprediksi Juga Hebat

Hari ini, pemerintah China telah menyebar petugas dan peralatan ke wilayah pegunungan Tibet, untuk mencari korban selamat paska gempa kuat yang terjadi kemarin.

Seperti diberitakan Associated Press, serentetan gempa telah membuat bangunan di wilayah Yushu rata dengan tanah
Korban-korban yang terluka memenuhi jalanan di Jiegu, area perkotaan di wilayah Yushu.

Gambar video dari stasiun televisi pemerintah China, CCTV, menunjukkan rumah-rumah yang terbuat dari kayu dan tanah liat hancur

BACA JUGA: Selamatkan 27 Siswa dengan Tangan Kosong

Pejabat setempat menyebutkan bahwa 85 persen bangunan rusak.

:TERKAIT Karenanya, korban selamat menghabiskan malam di luar rumah
Banyak di antaranya berkumpul di lapangan yang biasa digunakan untuk pacuan kuda, sementara suhu udara begitu dingin dan gempa susulan terus berlanjut

BACA JUGA: Singapura Targetkan 12,5 Juta Wisman



Dengan jumlah dokter dan persediaan obat yang terbatas, korban selamat yang tungkainya patah pun tak bisa berbuat banyak dan hanya bisa menunggu datangnya bantuan.
 
"Ini seperti zona perangSangat kacauPada malam hari, orang-orang menangis dan berteriakPara wanita menangisi keluarganya," ujar Ren Yu, seorang manajer sebuah hotel Jiegu.

Menurutnya, setidaknya terdapat lima gempa susulan sepanjang tadi malam"Beberapa orang yang lengan atau kakinya patah memang mendapat suntikantetapi mereka menjerit kesakitan," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kemarin serangkaian gempa kuat mengguncang wilayah barat Tibet di ChinaPusat gempa ada di sebelah selatan Qinghai, di dekat Tibet.

Daerah itu memiliki populasi sekitar 100 ribu jiwa, yang kebanyakan bekerja sebagai petani dan penggembalaDinas Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat kekuatan gempa mencapai 6,9 skala richterUSGS juga mencatat adanya enam kali gempa dalam kurun waktu kurang dari tiga jam, yang semuanya berkekuatan di atas 5,0 skala richterSementara Pusat Jaringan Gempa China, mencatat salah satu gempa berkekuatan 7,1 skala richter.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Demi Tari Bugil, Balita Dikunci di Mobil


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler