Korut Siapkan 10 Rudal

Jumat, 10 Oktober 2008 – 11:53 WIB
SEOUL - Pejabat intelijen Korea Selatan yakin, dalam beberapa hari ke depan Korut kembali menembakkan rudalnyaMereka memperkirakan, setidaknya lebih dari lima rudal siap diluncurkan

BACA JUGA: Tahanan Gitmo Asal Tiongkok Batal Dibebaskan

Termasuk, jenis KN-01 untuk menyerang kapal laut dan Styx, misil antarkapal.

Satelit mata-mata milik Amerika Serikat melaporkan tanda-tanda sepuluh misil siap tembak
Seperti dilansir surat kabar Chosun Ilbo, rudal itu ditempatkan di perbatasan wilayah perairan atau di pesisir barat Semenanjung Korea

BACA JUGA: Markas Polisi Antiteroris pun Dibom

Media tersebut menyebut bahwa Korut mengeluarkan larangan berlayar di sekitar wilayah itu
Larangan tersebut berlaku hingga Rabu nanti (15/10)

BACA JUGA: Nobel Sastra Milik Pemerhati Anak

Tapi, laporan itu tidak bisa dikonfirmasikan oleh Kementerian Korea Selatan (Korsel), Badan Intelijen Nasional, ataupun petinggi militer AS di Seoul.

Namun, sebuah sumber mengatakan bahwa Selasa (7/10) Korut telah meluncurkan dua rudal jarak dekat ke Laut KuningHal itu merupakan bagian dari latihan militer rutin merekaTapi, bila mereka menembakkan misil dalam jumlah banyak, sulit sekali melihatnya sebagai sebuah latihan rutin.

Seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korsel menolak berkomentarDia hanya mengatakan bahwa pemerintahnya tidak melihat indikasi adanya aktivitas yang tidak biasa.

Tidak dimungkiri bila aktivitas militer Korut selalu disikapi Korsel dan AS dengan penuh kewaspadaanSehingga, laporan itu mengundang pernyataan Admiral Timothy Keating, komandan pasukan AS di PasifikBahkan, AS menyiagakan pengawasan di wilayah latihan Korut.

"Kami belum melihat adanya persiapan atau aktivitas militer di KorutKami juga belum merespons perubahan militer apa punTapi, bila Korut menembakkan sepuluh misil, itu baru tidak biasa," ujar Keating di Tokyo kemarin (9/10). (AP/Rtr/dia/ami)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Obama Menangi Debat Kedua


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler