Kota Tidore Kepulauan Raih Penghargaan UHC Awards

Selasa, 14 Maret 2023 – 19:25 WIB
Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Awards yang diserahkan oleh Mendagri Tito Karnavian. Foto: Ist.

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyerahkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim.

Penghargaan diberikan pada puncak acara UHC Awards di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3).

BACA JUGA: Peringatan HUT ke-104 Damkar dan Penyelamatan, Mendagri: Momentum Evaluasi Kinerja

Acara ini dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Alhamdulillah, Kota Tidore Kepulauan berhasil meraih UHC perdana."

BACA JUGA: Realisasi Pendapatan dan Belanja APBD 2022 Meningkat

"Kami memastikan setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya yang terjangkau," ujar Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim dalam keterangannya.

Kota Tidore Kepulauan sebelumnya juga mendapat beberapa penghargaan dari Kementerian Kesehatan.

BACA JUGA: Ungkap Sikap Jokowi soal Pemilu 2024, Mahfud MD Menjamin

Di antaranya Tidore bebas malaria dan bebas kaki gajah.

”Saya mengucapkan terima kasih kepada ASN Pemkot Tidore Kepulauan, terutama di bidang kesehatan yakni rumah sakit, puskesmas, dinas kesehatan, dan masyarakat, sehingga pemerintah pusat menilai Kota Tidore Kepulauan berhak mendapatkan penghargaan UHC," ucapnya.

Menurut Ali Ibrahim dengan diraihnya predikat UHC, pemkot akan lebih aktif memberi akses layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan.

Terutama bagi masyarakat yang mungkin masih terkendala dalam pelayanan kesehatan gratis dan tidak bisa mengakses layanan kesehatan karena biaya pendafataran dalam program JKN.

“Dengan UHC semua masyarakat Kota Tidore Kepulauan bisa merasakan akses layanan secara langsung di fasilitas kesehatan."

"Dengan hanya menggunakan KTP maka semua penduduk bisa mendapatkan layanan kesehatan secara paripurna di seluruh fasilitas kesehatan,” katanya.

Ali Ibrahim mengatakan penghargaan UHC secara garis besar merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap layanan kesehatan yang accessibility atau mudah diakses bagi semua pihak di daerah, khususnya di Kota Tidore Kepulauan.

Selain itu, kata Ali, UHC juga merupakan perwujudan tiga hal yang saling berhubungan yakni kesamaan akses pelayanan, kesehatan setiap orang yang membutuhkan akan mendapatkan pelayanan kesehatan, bukan hanya bagi mereka yang mampu membayar saja.

"Ini tentang memperhatikan kualitas pelayanan kesehatan yang baik dan terus meningkat bagi peserta yang menerima pelayanan."

"Selain itu, memastikan biaya pelayanan kesehatan yang digunakan tidak membuat masyarakat dalam kerugian finansial,” katanya.

Salah satu syarat untuk mendapatkan UHC adalah kepesertaan BPJS Kesehatan lebih atau sama dengan 95 persen.

Untuk cakupan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan UHC mencapai 97,88 persen penduduk yang terdaftar dalam program JKN.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lukas Enembe Ditahan KPK, Muhammad Ridwan Rumasukun Plh Gubernur Papua


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler