KPK Jangan Kasih Ampun Anggota DPR Terima Duit e-KTP!

Selasa, 07 Maret 2017 – 11:15 WIB
e-KTP. Foto dok JP/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Pengamat kebijakan anggaran Uchok Sky Khadafi, meminta penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jangan mudah memberi ampun kepada para anggota DPR penerima duit panas proyek e-KTP.

Kalaupun ada belasan wakil rakyat yang mengakui kecipratan uang proyek bernilai Rp 6 triliun, lalu mengembalikan ke KPK, itu bukan berarti mereka bertaubat.

BACA JUGA: Yorrys Anggap Korupsi E-KTP Kasus Sangat Serius

"Kalau mereka mengaku menerima duit, lalu mengembalikan lagi ke kas negara melalui KPK. Hal ini bukan sebuah pertaubatan mereka, sehingga harus diampuni," kata Uchok menjawab pertanyaan JPNN.com, Selasa (7/3).

Direktur eksekutif Center for Budget Analysis (CBA) ini mensinyalir, para wakil rakyat tersebut mengembalikan uang itu karena melihat celah adanya keringanan hukuman dengan mengembalikan uang dugaan korupsi itu.

BACA JUGA: Tiga Gubernur Diduga Terlibat, Ya Buka Saja

"Maka maksimal akan dapat hukuman yang ringan atau KPK tidak akan melanjutkan hukuman lagi. Tetapi secara politik mereka sudah jadi sandera Politik," ujar Uchok.

Namun pihaknya meminta penyidik KPK tetap menindaklanjuti proses hukum para anggota dewan yang sudah mengembalikan duit ke KPK.

BACA JUGA: Rp 30 M Diserahkan ke KPK, Ayo Ngaku Bro...

Dia juga berharap lembaga pimpinan Agus Raharjo mengungkap modus dan pola penerimaan uang dari proyek yang diduga merugikan negara sekitar Rp 2,3 triliun itu.

"Perlu diungkap sebetulnya uang ini sumbernya dari pengusaha siapa, dan siapa yang memberikan duit tersebut kepada anggota dewan," tambahnya.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PKS Yakin Dua Kadernya tak Nikmati Duit E-KTP


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler