KPK Merasa Mampu Urus Gayus

Rencanakan Ambil Alih Kasus, Minta Bertemu Kapolri

Senin, 22 November 2010 – 16:46 WIB

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan kesiapannya untuk mengambil alih kasus GayusBahkan pekan lalu, KPK sudah menghubungi Kapolri, Jenderal Timur Pradopo untuk meminta jadwal pertemuan guna membahas masalah ini.

Menurut wakil Ketua KPK, Bibit Samad Rianto, KPK sebenarnya mampu menangani kasus Gayus

BACA JUGA: Panda Nababan Dicecar 8 Pertanyaan

"Ya lihat saja nanti mampu atau tidak
Selama ini KPK mampu tidak?" kata Bibit di KPK, Senin (22/11)

BACA JUGA: KPK Rencanakan Pertemuan dengan Kapolri



Namun, kepastian tentang pengambilalihan tersebut masih akan dibicarakan lebih lanjut antara kedua institusi
"Tergantung perkembangan diskusi nanti

BACA JUGA: 15 Kloter Diterbangkan ke Tanah Air

Kemungkinan (pengambilalihan) selalu ada, mulai dari nol sampai seratus," lanjutnya.

Mantan perwira tinggi Polri itu menambahkan, sampai saat ini KPK belum mendapat jawaban resmi dari Mabes Polri terkait pengambilalihan kasus Gayus iniSebab pekan lalu KPK hanya menyampaikan secara lisan untuk bertemu dengan Kapolri, sedangkan jadwal pertemuan tersebut juga belum dipastikan.

"Kita minta waktu sama KapolriYa terserah Kapolri kapan memberi waktu," ujar BibitNamun, KPK berharap pertemuan bisa dilangsungkan secepat mungkinPertemuan ini akan dimanfaatkan pula untuk mengucapkan selamat atas pelantikan Kapolri baru.

Sebelum memutuskan pengambilalihan atau tidak, sambung Bibit, KPK akan berkoordinasi terlebih dahulu"Kita koordinasi duluApa yang sudah dikerjakan oleh polisi, yang masih bisa dilanjutkan manaKita selalu koordinasi antara aparat penegak hukum," ujarnya.

KPK mengaku sudah mengantongi banyak bahan untuk menindaklanjuti kasus GayusBahan tersebut antara lain dikumpulkan dari pemberitaan media.

Seandainya diambil alih, apakah KPK akan menangani sisi penyuapan atau penggelapan? Kata Bibit, itu juga belum ditentukan"Kita lihat, mana yang sudah dikerjakan Polri, mana yang sudah jalan, mana yang belum," katanya.

Saat ditanya apakah KPK mampu menangani kasus ini, Bibit menjawab diplomatis"Ya lihat aja nanti, mampu atau gakSelama ini mampu gak KPK," sebutnya.(rnl/ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jemaah Satu Abad Tiba di Medan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler