KPK Rencanakan Pertemuan dengan Kapolri

Senin, 22 November 2010 – 15:44 WIB
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan siap untuk mengambil alih kasus GayusBahkan, pekan lalu KPK sudah menghubungi Kapolri, Jenderal (Pol) Timur Pradopo, untuk meminta jadwal pertemuan guna membahas masalah ini.

Namun, kepastian tentang pengambilalihan tersebut masih akan dibicarakan lebih lanjut antara kedua institusi

BACA JUGA: 15 Kloter Diterbangkan ke Tanah Air

"Tergantung perkembangan diskusi nanti
Kemungkinan (pengambilalihan) selalu ada, mulai dari nol sampai 100," kata Wakil Ketua KPK, Bibit Samad Rianto, Senin (22/11).

Menurut Bibit, KPK belum mendapat surat resmi dari Mabes Polri, terkait pengambilalihan kasus Gayus ini

BACA JUGA: Jemaah Satu Abad Tiba di Medan

Minggu lalu, KPK hanya menelepon meminta pertemuan dengan Kapolri, dan jadwal pertemuan tersebut juga belum dipastikan.

"Kita minta waktu sama Kapolri
Ya, terserah Kapolri, kapan memberi waktu," ujar Bibit

BACA JUGA: Max Moein Keberatan Diperiksa KPK

Namun, KPK berharap pertemuan bisa dilangsungkan secepat mungkinPertemuan ini rencananya akan dimanfaatkan pula untuk mengucapkan selamat atas pelantikan Kapolri baru.

Yang jelas, sebelum memutuskan pengambilalihan atau tidak, sambung Bibit, KPK akan berkoordinasi terlebih dahulu"Kita koordinasi duluApa yang sudah dikerjakan oleh polisi, yang masih bisa dilanjutkan manaKita selalu berkoordinasi antara aparat penegak hukum," ujarnya.

Sementara itu, KPK mengaku sudah mengantongi banyak bahan untuk menindaklanjuti kasus GayusBahan tersebut menurut Bibit, antara lain dikumpulkan dari pemberitaan media.

Seandainya diambil alih, apakah KPK akan menangani sisi penyuapan atau penggelapan? Bibit mengaku hal itu juga belum ditentukan"Kita lihat (dulu), mana yang sudah dikerjakan PolriMana yang sudah jalan, mana yang belum," katanya.

Saat ditanya apakah KPK mampu menangani kasus ini, Bibit hanya menjawab diplomatis"Ya, lihat aja nanti, mampu atau gakSelama ini, mampu nggak KPK (bekerja)?" sebutnya(rnl/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Journal: Saya Hanya Melanjutkan Kebiasaan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler