KPM PKH Girang Pencairan Dana Bansos Tepat Waktu  

Selasa, 05 Januari 2021 – 15:46 WIB
Peluncuran bantuan tunai pemerintah. Foto: Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) girang pencairan bantuan tunai tepat waktu.

Mengingat kebutuhan pangan yang main meningkat, dan anak-anak mulai sekolah daring lagi.

BACA JUGA: Kabar Baik, Mensos Buka Kuota Baru Penerima BST untuk 20 Ribu KPM di Daerah Ini

"Alhamdulillah kalau memang sudah bisa dicairkan. Waktunya pas banget dengan anak-anak masuk sekolah," kata KPM PKH dari Kecamatan Purwojati, Kabupaten Banyumas, Siti Soliyah (45), Selasa (5/1).

Kendati ada bantuan pulsa dari pemerintah, kata Siti, uang PKH tetap diperlukan untuk membeli kebutuhan pangan sehari-hari.

BACA JUGA: 120 Ribu KPM PKH Cirebon Segera Terima Bansos Beras

"Namanya anak-anak makannya pasti banyak. Uang PKH bisa untuk beli beras, telur atau ikan. Biar kami kondisinya pas-pasan, tetapi gizi anak-anak harus diperhatikan," kata ibu tiga anak ini.

Seorang ibu penerima PKH Irmi Yusnita (43) menyambut dengan gembira penyaluran PKH. "Mudah-mudahan penyalurannya sampai ke masyarakat bisa berjalan lancar dan Covid-19 cepat selesai supaya saya bisa berdagang lagi," katanya.

BACA JUGA: Jokowi Sampaikan Dua Pesan Saat Peluncuran Bantuan Tunai se-Indonesia 2021

Perempuan yang tinggal dia Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat ini mengaku sejak pandemi Covid-19 ia sangat menggantungkan pemenuhan kebutuhan sehari-hari pada bantuan pemerintah. Ia bersyukur mendapat PKH dan Program Sembako.

"Alhamdulillah kehidupan kami terbantu dengan adanya dua bantuan ini. Tiap bulan bisa beli beras dengan Kartu Sembako. Tiap tiga bulan bisa beli kebutuhan sekolah anak-anak dengan uang PKH," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pada 2021, penyaluran bantuan tunai akan dilanjutkan. Pemerintah melalui APBN 2021 telah menyiapkan total anggaran sebesar Rp110 triliun untuk tiga jenis bantuan yakni PKH, Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Untuk diketahui PKH disalurkan dalam 4 tahap (Januari, April, Juli, Oktober) melalui HIMBARA untuk peningkatan kesehatan keluarga, peningkatan pendidikan anak, dan mengurangi beban keluarga. Total penerima PKH adalah 10 juta KPM.

Sedangkan Program Sembako besarnya Rp200 ribu per bulan per KK untuk sebanyak 20 juta KPM, dan terakhir adalah BST sebesar Rp300 ribu per bulan per KK yang disalurkan selama empat bulan (Januari--April) melalui PT Pos Indonesia.(zil/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler