KPU Jabar Optimistis Penetapan Hasil Pemilu Rampung Malam ini

Minggu, 17 Maret 2024 – 22:39 WIB
Komisioner dan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jabar Adie Saputro memberikan keterangan di Gedung KPU Jabar, Bandung, Minggu (17/3/2024). (ANTARA/Ricky Prayoga)

jpnn.com - BANDUNG - Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jawa Barat Adie Saputro optimistis rapat pleno penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Provinsi Jawa Barat rampung pada Minggu (17/3) malam.

Adie menegaskan pihaknya akan langsung membawa hasil rapat pleno ke KPU Pusat di Jakarta, jam berapa pun nantinya ditetapkan.

BACA JUGA: Suara PKS Tak Meningkat Drastis Setelah 10 Tahun jadi Oposisi, Begini Analisis Pengamat

"Iya, malam ini (dilaksanakan pleno hasil), jam berapapun beres, kami langsung meluncur ke Jakarta untuk dibahas pada 18 Maret 2024," ujar Adie Saputro di Gedung KPU Jabar, Bandung, Minggu.

Dalam rapat pleno ini, kata Adie, KPU Kabupaten Bekasi telah menyampaikan hasil pleno tingkat Kabupaten Bekasi untuk empat jenis surat suara. Yakni, Pilpres, Pileg DPR RI, Pileg DPD dan Pileg DPRD Provinsi.

BACA JUGA: Mengaku Dirugikan, Caleg DPRD Maluku dari Nasdem Adukan Dugaan Pergeseran Suara ke Bawaslu

"Karena masuk waktu buka puasa kami skorsing dulu dan nanti dibahas apakah ada keberatan, ada masukan, ada hal-hal lain dari saksi atau dari Bawaslu atas rekapitulasi tersebut," ucapnya.

Setelah rekapitulasi Kabupaten Bekasi, kata Adie, pleno dilanjutkan dengan agenda pembacaan putusan hasil Bawaslu atas temuan di beberapa tempat kabupaten kota.

BACA JUGA: Airlangga: Golkar Betul-betul di Depan Dalam Memenangkan Prabowo-Gibran

"Tindak lanjut sidang Bawaslu yang memang kemarin diajukan para saksi parpol di beberapa tempat kota kabupaten. Setelah itu pengesahan dari KPU Provinsi Jabar dan para saksi," ucapnya.

Untuk Kabupaten Bekasi yang masih menyisakan perhitungan di Kecamatan Tambun Selatan yaitu pemilihan DPRD Kabupaten Bekasi.

Sementara empat pemilihan yang harus disampaikan ke tingkat provinsi sampai ke atas yakni Pilpres, Pileg DPR RI, Pileg DPD dan Pileg DPRD Provinsi telah rampung disampaikan.

"Katanya, nanti malam. Maka nanti lanjut pleno tingkat Kabupaten Bekasi tetapi jenis pemilihan DPRD Kabupaten Bekasi, untuk jenis pemilihan yang empat itu di tanda tangan semua, selesai semua," ucapnya.

Atas keadaan khusus ini Adie mengatakan hal tersebut sesuai dengan aturan yang ada yakni surat edaran 454 KPU RI yang menyebutkan apabila ada keadaan mendesak di luar perencanaan, maka diperbolehkan melanjutkan sampai di KPU RI tanggal 20 Maret 2024.

"Mudah-mudahan kami selesai pleno di tingkat provinsi dan disahkan semua sehingga langsung meluncur ke Jakarta untuk menyampaikan dokumen dari hasil provinsi yang kami serahkan nanti untuk Pilpres, untuk DPR RI dan hasil untuk DPD," ucapnya.

Pleno di tingkat provinsi Jawa Barat dijadwalkan berlangsung pada 6-10 Maret 2024.

Namun karena adanya proses rekapitulasi di tingkat kota dan kabupaten yang belum rampung, prosesnya di Jawa Barat masih berlangsung sampai saat ini.

Meski demikian, KPU Jawa Barat mengindikasikan bahwa rapat pleno hasil Pemilu 2024 akan dilangsungkan pada hari Minggu malam ini. (Antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Konon Ada Gerakan Menolak Hasil Pemilu 2024, Begini Info dari Hadi Tjahjanto


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler