KPU Klaim Telah Distribusikan 157 Juta Surat Suara

Senin, 24 Februari 2014 – 21:10 WIB

jpnn.com - JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklaim dari total 775 juta lembar surat suara yang dicetak untuk kepentingan pemilu legislatif DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota dan DPD, 157 juta lembar di antaranya telah didistribusikan ke seluruh penjuru tanah air.

Pendistribusian menurut Komisioner KPU, Arief Budiman, telah dilakukan terutama untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau. Antara lain Provinsi Papua, Maluku, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sejumlah daerah di luar negeri.

BACA JUGA: Temu Relawan Caleg Gerindra Diduga Langgar Aturan

“Yang 157 juta (surat suara) ini sudah dikirimkan dan dilaporkan ke KPU pusat. Sementara untuk yang lainnya akan segera dikirim,” ujar Arief di Jakarta, Senin (24/2).

Menurut Arief, selain surat suara, sejumlah logistik keperluan pemilu legislatif lain juga telah dikirimkan. Mulai dari tinta, segel, kotak suara maupun template yang ada.

BACA JUGA: Ingatkan Polri Pantau TPS di Wilayah Rawan

Namun begitu ia belum bersedia merinci berapa jumlah dari masing-masing logistik tersebut yang terdistribusi. Ia hanya menyatakan secara umum total keseluruhan logistik yang terdistribusi telah mencapai 66 persen.

“Secara umum seluruh logistik untuk kepentingan pemilu legislatif 2014 yang terdistribusi telah mencapai 66 persen per tanggal 22 Februari. Tapi belum saya cek detailnya (berapa yang sudah tiba di KPUD daerah). Sejauh ini baru KPUD NTT yang sudah melaporkan hal tersebut,” katanya.

BACA JUGA: Formulir Pemberitahuan Hilang Tetap Bisa Nyoblos

Selain itu, Arief juga mengaku pihaknya belum memeroleh laporan dari masing-masing KPUD, berapa total kerusakan dari seluruh logistik yang telah dikirim.

“Sejauh ini belum ada keluhan, semua surat suara sesuai dengan kualifikasi," ujarnya.(gir/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... TPS Boleh Dirancang Unik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler