KPU Tetap Gunakan Kotak Suara dari Kardus, Komisi II DPR Bilang Begini

Rabu, 23 Maret 2022 – 18:07 WIB
KPU pada Selasa (22/3) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 dengan menggunakan kotak suara dari kardus. Foto ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim menanggapi penggunaan kotak suara berbahan kardus dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut Luqman, penggunaan kotak suara
berbahan kardus tidak masalah.

"Yang penting, ada jaminan keamanan kotak suara ini, baik sebelum maupun sesudah digunakan di TPS-TPS," kata Luqman saat dihubungi wartawan, Rabu (23/3).

Legislator PKB ini menilai, penggunaan
kotak suara kardus akan menghemat biaya pemilu ketimbang kotak suara berbahan lain.

"Ini akan menghemat anggaran pemilu jika dibandingkan dengan pengadaan kotak suara dari kayu atau aluminium," ungkap Luqman.

Sebelumnya, KPU pada Selasa (22/3) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 dengan menggunakan surat suara yang disederhanakan.

Dalam kegiatan simulasi yang digelar di halaman Kantor KPU, Jakarta Pusat, ini, kotak suara dari kardus tetap digunakan.

Komisioner KPU Evi Novida Ginting mengatakan, tidak ada masalah dalam penggunaan kotak suara
kardus.

"Yang penting, kotak suara itu mengamankan surat suara. Kalau surat suara bisa diamankan dengan kotak yang terbuat dari kertas karton, tidak ada persoalan," kata Evi di Kantor KPU RI. (mcr8/jpnn)

BACA JUGA: Reaksi Politikus Demokrat soal Besarnya Anggaran Pemilu 2024

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mufti Anam Tagih Janji Mendag soal Tersangka Mafia Minyak Goreng


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Kenny Kurnia Putra, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler