KSAD Jenderal Maruli Tinjau Fasilitas Grup 2 Kopassus dan Pembangunan Markas Baru Denbekang di Solo

Senin, 02 September 2024 – 18:42 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., melakukan kunjungan kerja ke Kesatrian Grup 2 Kopassus di Kandang Menjangan, Kartasura, Solo pada Minggu (1/9/2024). Foto: Dispenad

jpnn.com, SOLO - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., melakukan kunjungan kerja ke Kesatrian Grup 2 Kopassus di Kandang Menjangan, Kartasura, Solo pada Minggu (1/9/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung sarana dan fasilitas yang ada serta memastikan kenyamanan dan kesejahteraan prajurit di satuan elite tersebut.

BACA JUGA: Jenderal Maruli Sebut 1 Pati TNI AD Mengajukan Pengunduran Diri untuk Maju Pilkada NTT

Dalam kunjungannya, KSAD Jenderal Maruli yang didampingi oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, Danjen Kopassus Mayjen TNI Djon Afriandi, dan Aslog KSAD Mayjen TNI Adisura Firdaus Tarigan melihat langsung kondisi perumahan prajurit dan fasilitas olahraga seperti kolam renang yang disediakan untuk mendukung kesejahteraan anggota Grup 2 Kopassus.

Di sela hari libur, selain meninjau Kesatrian Grup 2 Kopassus, KSAD juga menyempatkan untuk meninjau progres pembangunan Markas Detasemen Pembekalan dan Angkutan (Denbekang) IV-44-04/SKA di Sukoharjo.

BACA JUGA: KSAD Jenderal Maruli: Inovasi TNI AD Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat

Pembangunan ini dilakukan sebagai bagian dari relokasi markas yang sebelumnya berada di Kelurahan Gilingan, Banjarsari, Solo, yang kini digunakan untuk pembangunan Solo Islamic Center dan Masjid Raya Zayed, sebuah proyek kerja sama antara Pemerintah RI dan Uni Emirat Arab (UEA).

Dalam kesempatan tersebut, KSAD menerima paparan dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR terkait kemajuan pembangunan Markas Denbekang IV-44-04/SKA.

BACA JUGA: Penjelasan Danrem Brigjen Antoninho Tentang Program KSAD di Perbatasan RI-Timor Leste

Markas baru ini berdiri di atas lahan seluas 24.000 meter persegi dengan luas bangunan 4.669 meter persegi dan area hijau 7.408 meter persegi, yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti gedung utama, masjid, SPBT, dan gudang perlengkapan perorangan.

Selain markas, juga dibangun 17 unit rumah dinas dengan berbagai tipe untuk Dandenbekang dan perwira staf. Program pembangunan ini juga mencakup rumah dinas bagi prajurit di Korem 074/Wrt yang berlokasi di Asrama Kadipiro, Banjarsari, Solo.

Dalam kunjungan ini, KSAD menekankan pentingnya penyelesaian proyek tepat waktu, dengan tetap menjaga kualitas pembangunan yang tinggi.

“Pembangunan ini adalah bagian dari upaya TNI AD untuk terus meningkatkan kesejahteraan prajurit dan keluarganya,” ujar Jenderal Maruli seraya menambahkan kolaborasi dengan berbagai pihak akan terus diperkuat guna mencapai tujuan tersebut.

Proyek ini direncanakan selesai pada Desember 2024 dan diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan mendukung tugas pokok prajurit dalam menjaga kedaulatan negara.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler