KSP Yakin Arief Prasetyo Adi yang Dipilih Jokowi Bisa Melakukan Ini

Rabu, 23 Februari 2022 – 09:15 WIB
Tangkapan layar Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi memberikan keterangan usai pelantikan yang ditayangkan secara virtual melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (21/02/2022) ANTARA/Mentari Dwi Gayati

jpnn.com, JAKARTA - Kantor Staf Presiden (KSP) meyakini Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi yang baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) mampu menerapkan tata kelola pangan yang baik dari hulu ke hilir.

Deputi III KSP Panutan Sulendrakusuma mengatakan Arief Prasetyo Adi sosok yang mampu menjalankan tugas koordinasi lintas sektor dengan baik dan memiliki kemampuan jejaring (networking).

BACA JUGA: Arief Prasetyo Adi, Dulu Anak Buah Anies Baswedan, Kini Pembantu Jokowi

Kemampuan itu dapat mendukung Arief dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan tata kelola pangan yang baik.

“Dengan pengalamannya di sektor swasta dan BUMN, Arief dinilai mampu mewarnai kualitas dan akurasi kebijakan pangan ke depan,” ujar Panutan di Jakarta pada Selasa (22/2).

BACA JUGA: Tim Polda Jambi Bergerak, Temukan 24 Kapal, tetapi Pelaku Lolos Semua

Panutan menjelaskan tugas dan fungsi Badan Pangan Nasional, antara lain mengoordinasikan dan merumuskan kebijakan terutama soal ketersediaan pangan, menjaga stabilitas pasokan, dan harga.

Lembaga baru itu juga bertanggung jawab menangani kerawanan ketersediaan pangan, pemenuhan gizi, dan diversifikasi konsumsi masyarakat.

BACA JUGA: Brigjen Junior yang Ditahan Sempat Menyurati Jenderal Dudung, Dia Memohon Begini

“Secara sederhana, Badan Pangan Nasional itu "bapak" dari semua pelaku pangan, mulai dari petani, swasta, dan BUMN,” ucap Panutan.

Menurut Panutan, lembaga itu dibentuk Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk memperbaiki ekosistem pangan nasional, dengan meningkatkan koordinasi antarlembaga di sektor pangan.

“Sehingga pelaksanaan fungsi dan tugas dari masing-masing kementerian dapat terkoordinasi dengan baik,” ujarnya.

Arief Prasetyo Adi dilantik sebagai Kepala Badan Pangan Nasional oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta pada Senin (21/2).

Arief Prasetyo Adi sebelumnya merupakan Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menangani pangan dan perdagangan.

Dia juga tercatat aktif sebagai Wakil Ketua Dewan Penasehat Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DKI Jakarta periode 2019-2024 serta Dewan Pakar Perkumpulan Pengusaha Penggilingan Padi Indonesia (Perpadi) periode 2020-2025.

BACA JUGA: Irjen Setyo Budiyanto Keluarkan Ancaman, Jangan Coba-Coba Melanggar

Karier Arief di industri pangan dimulai ketika ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya periode 2015-2020.

Saat dia memimpin BUMD Pangan di DKI Jakarta itu, Food Station mendapatkan ISO 9001 yang menjadi Pedoman Operasional untuk mendapatkan kualitas beras yang baik. (ant/fat/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler