Kuasai Podium, Jokowi Dinilai Bak Singa Asia

Selasa, 10 Juni 2014 – 16:28 WIB
Pasangan Jokowi-JK saat menjalani debat capres perdana di Jakarta, Senin (9/6). FOTO: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Penampilan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla saat menyampaikan visi misi disertai contoh konkret dalam debat calon presiden dan wakil presiden mendapat apresiasi. Bahkan beberapa pihak menilai penampilan Jokowi saat debat menunjukkan bahwa mantan Wali Kota Solo itu bukanlah capres boneka.

Sosiolog dari Universitas Indonesia Thamrin Amal Tomagola mengatakan karena memiliki konsep, Jokowi dan JK benar-benar menguasai podium, tidak seperti lawan bicaranya atau capres dan cawapres Prabowo Subianto - Hatta Rajasa.

BACA JUGA: SBY: Ada yang Minta Kasusnya Diputihkan

"Dia (Jokowi) benar-benar seperti Singa Asia. Sementara Prabowo yang disebut-sebut Macan Asia justru tidak terlihat,” tegas Thamrin, Selasa (10/6), menanggapi penampilan Jokowi - JK di dalam acara debat capres cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum di Jakarta, tadi malam.

Ia pun memberikan apresiasi karena Jokowi dan JK bisa saling melengkapi satu sama lain. Sehingga, ia yakin, jika kelak terpilih maka Jokowi-JK akan menjadi yang membumi, bukan yang cuma pandai berpidato atau beretorika.

BACA JUGA: Tandingi Singapura, Jokowi Bakal Perbanyak Drone

Dalam catatan Thamrin, saat berbicara dalam debat capres tersebut  Jokowi maupun JK  tetap berpijak di bumi dengan memberikan argumentasi berupa fakta-fakta.

“Kita tentu berharap, mereka nantinya jika terpilih menjadi presiden dan wapres tetap mewujudkan apa yang dikatakan dan melahirkan karya-karya nyata yang dirasakan rakyatnya,” ujarnya.

BACA JUGA: KPU Bantah Debat Capres Tak Undang Presiden Langgar Konstitusi

Masyarakat selama ini meragukan kemampuan Jokowi dalam berkomunikasi, terutama saat di forum resmi. Namun, Thamrin menegaskan, malam itu tidak melihat Jokowi seperti yang dikesankan banyak orang. Jokowi malah percaya diri dan bisa mengungkapkan visi, misi dan programnya dengan lancar. "Isu dia tidak lihai berkomunikasi terbantah dengan sendirinya," tegasnya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Bakal Rekrut 20.350 Polisi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler