Kuda Kayu, Tahun Penuh Kenahasan

Rabu, 01 Januari 2014 – 15:45 WIB
KHUSUK: Beberapa warga Tionghoa bersembahyang di Wihara Dharma Bhakti di kawasan Glodok menyambut Imlek. FOTO: THOMAS KUKUH/JPNN.com

jpnn.com - TAHUN Baru China atau Imlek merupakan salah satu momen terpenting bagi etnis Tionghoa. Jatuh pada 31 Januari 2014, warga Tionghoa pun meninggalkan tahun ular air dan masuk dalam tahun kuda kayu.

Ya, yang selalu menarik di setiap pergantian tahun adalah prediksi tentag peruntungan dan lainnya. Shio tikus diprediksi menjadi salah satu yang sial di tahun ini. Sebaliknya shio macan dan anjing menjadi shio yang paling beruntung.

BACA JUGA: Semua Harus Umumkan CPNS Sebelum 1 Januari

Lalu bagaimanakah keberuntungan anda tahun ini?  Serta bagaimanakah situasi politik dan ekonomi di Indonesia di tahun kuda kayu?

Berikut wawancara wartawan JPNN.com, ADRIAN GILANG dengan Suhu Yo di tempat kerjanya Gedung Chandra lantai 3 Nomor 301, Jalan Pancoran, Glodok, Jakarta Pusat, Minggu (2/2).

BACA JUGA: Saya Adalah Patriot Indonesia

Bagaimana Imlek 2014 secara umum?

Kalau Imlek 2014 itu kuda kayu. kuda kayu itu penjumlahan angkanya 1 sama 4 kan 5, itu penuh kenahasan, kesialan, penuh masalah.

BACA JUGA: Yang Lulus, Per 1 Januari 2014 Sudah jadi CPNS

Bagaimana dengan kondisi alam?

Dalam 2014 itu memang terjadi hujan tapi setelah Cap Go Meh ini hujan berhenti malah akan terjadi kemarau panjang. Gunung meletus terjadi di Sumatera, Ambon dan Jawa. Dalam 2014 itu ada hal yang perlu diwaspadai yaitu longsor di mana-mana yang berkepanjangan.

Shio apa yang paling sial?

Kalau lihat dari 2014 itu shio yang nahas, chiong itu shio tikus, shio kelinci, shio ayam dan shio kuda sendiri. Kuda tidak memberi jalan kepada tikus, kelinci dan ayam sehingga menjadi hambatan. Contohnya shio tikus sakit kepala, banyak keributan. Shio kelinci banyak pengeluaran yang besar-besaran terjadi, hati-hati itu unsur penipuan. Shio ayam akan terjadi percintaan yang menyakitkan hati.

Shio apa yang beruntung?

Shio yang beruntung shio anjing dan shio macan. Anjing mendapat jalan dari kuda dengan dipermudahkan rejeki lebih lancar, banyak kesempatan mendapat keuntungan. Begitu juga shio macan yang ditakuti kuda akan diberi jalan. Terutama shio macan dan anjing lebih banyak menikah di tahun 2014.

Apakah kondisi ekonomi 2014 terkemdali?

Waktu 2012 saya meramal dollar 12 ribu semua orang ketawain, ternyata kan benar Dollar 12 ribu. Dollar di 2014 pada bulan 4 akan 14 ribu, pada bulan 11 akan bisa menjadi 16 ribu. Makin parah kondisinya. Dollar mengalami kenaikan karena pemilu banyak orang mengeluarkan uang dari tabungan. Dollar akan mengalami pengeluaran besar-besaran dan juga kalau yang mau jadi presiden berapa triliun. Indonesia kan hidup dari pinjaman, sekarang mau ganti presiden, Bank Dunia mau mencairkan tidak 80 juta dollar untuk menutupi lonjakan dollar yang signifikan itu? Ya pasti enggak dikasih. Dollar akan naik karena itu.

Apa bisnis yang paling tepat di tahun 2014?

Bisnis paling tepat consumer good seperti hasil bumi, baju murah, makanan, pakaian. Produksi Indonesia masih bisa bagus.

Apa bisnis yang kurang bagus?

Bisnis yang lagi kurang bagus adalah bisnis logam, elektronik seperti barang-barang impor akan naik signifikan. Seperti mobil, kalau dollar naik 16 ribu harganya bisa naik 25 persen. Lama-lama orang yang beli mobil akan berkurang.

Bagaimana untuk Pemilu 2014?

Soal Pemilu 2014 aman-aman saja tidak ada kerusuhan yang besar yang terjadi.

Lantas situasi politiknya?

Situasi politik sebagian besar shio-shio yang berkuasa shio kerbau. SBY shio kerbau itu akan turun tahta. Jokowi shio kerbau juga, apakah akan turun tahta dari gubernur menjadi presiden? Nah itu pertanyaannya. Tapi kalau saya lihat seperti Prabowo itu shio Kelinci punya kesempatan untuk naik menjadi presiden. Jadi kalau dilihat Jokowi sama Prabowo punya kesempatan untuk jadi presiden. Dua orang ini akan bersaing lebih ketat.

Dilihat dari shio, ciri-ciri pemimpin yang dicari di 2014 seperti apa?

Sebenarnya selama ini kan banyak shio-shio yang besar yang memimpin negara ini. Tapi kalau saya lihat shio besar lebih berpetualang. Berarti Jokowi berpetualang karena shio Kerbau. Shio kecil belum pernah menjadi presiden seperti shio kelinci, tikus atau shio macam. Jadi saya lihat tren di Indonesia akan shio-shio besar seperti kerbau, naga yang bisa mengepalai negara ini. (*)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Mau Promosi dengan Kontroversi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler