Kumpulkan Gubernur se-Indonesia, Jokowi: Selamat Datang di IKN

Selasa, 13 Agustus 2024 – 11:08 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada ratusan kepala daerah di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan kepala daerah di Ibu Kota Nusantara yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Jokowi memberikan arahan kepada ratusan kepala daerah dan menyambut dengan ucapan selamat datang.

BACA JUGA: Jokowi Tinjau Hunian Untuk ASN di IKN, Yusuf Permana pun Berbangga

Dalam kegiatan pengarahan Presiden kepada kepala daerah di ruang kegiatan resmi Istana Negara IKN, Selasa, Presiden Jokowi bertanya kepada hadirin tentang bayangan mengenai Ibu Kota Nusantara.

"Melihat Ibu Kota Nusantara ini, kira-kira bayangan bapak apa? Selamat datang di Ibu Kota Nusantara," kata Presiden Jokowi saat membuka sambutan dan arahan.

BACA JUGA: Ini Dalih Istana soal Komitmen Airlangga Setelah Mundur dari Ketum Golkar, Unsur Jokowi Melekat

Kepala Negara menekankan melalui pembangunan IKN, pemerintah ingin menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kemampuan untuk membangun ibu kota negara sesuai keinginan dan desain pemerintah, meskipun memakan waktu yang cukup lama.

Sejak dimulai 2021, pembangunan IKN baru akan selesai sekitar 10 hingga 15 tahun mendatang.

BACA JUGA: Jokowi Ungkap Jumlah Undangan HUT ke-79 RI di IKN, Jauh dari Rencana Awal

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada kesempatan sebelumnya mengatakan sebanyak 517 kepala daerah mengikuti acara pengarahan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa.

"Dapat kami laporkan kepada Bapak Presiden bahwa jumlah kepala daerah saat ini, gubernur ada 38 orang, wali kota ada 98 orang, dan bupati ada 416. Total 552 orang. Hadir saat ini langsung 517 gubernur, wali kota, bupati, baik penjabat maupun yang definitif," kata Tito di Istana Negara, IKN.

Menurut Tito, terdapat 35 kepala daerah yang berhalangan hadir karena sakit, harus mengikuti sidang paripurna DPRD, hingga tidak kebagian tiket pesawat.

"Semua gubernur sudah tiba sejak tadi malam menginap di Hotel Nusantara. Bupati dan wali kota semua menginap di Balikpapan dan tadi jam enam (berangkat) dari Balikpapan," ujar Tito. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Istana Bantah Pengunduran Diri Airlangga Ada Hubungannya dengan Jokowi


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Jokowi   Kepala Daerah   IKN   Gubernur  

Terpopuler