Kunjungan Menteri Perdagangan dan Industri Timor-Leste ke Indonesia, Perkuat Kerja Sama Teknologi

Jumat, 09 Agustus 2024 – 17:03 WIB
kunjungan Menteri Perdagangan dan Industri Republik Demokratik Timor-Leste Yang Mulia Filipus Nino Pereira ke WIR Group (PT WIR ASIA Tbk). Foto: dokumentasi WIR Group

jpnn.com, JAKARTA - Hubungan bilateral antara Indonesia dan Timor-Leste khususnya dalam sektor teknologi dan perdagangan digital makin diperkuat.

Hal itu dilakukan melalui kunjungan Menteri Perdagangan dan Industri Republik Demokratik Timor-Leste Yang Mulia Filipus Nino Pereira ke WIR Group (PT WIR ASIA Tbk).

BACA JUGA: Ekspor Puluhan Kendaraan Hasil Tadahan Jaringan Internasional ke Timor Leste Digagalkan

WIR Group adalah perusahaan teknologi imersif dan web3 yang berfokus pada Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Artificial Intelligence (AI), dan blockchain di Asia Tenggara.

Dalam kunjungan itu, Y.M. Filipus Nino Pereira didampingi oleh delegasi dari Kementerian Perdagangan dan Industri Timor-Leste dan beberapa pelaku industri.

BACA JUGA: Airlangga Bertemu Dmitry Medvedev, Indonesia -Rusia Sepakat Perkuat Bilateral

Kunjungan tersebut diisi dengan diskusi konstruktif mengenai berbagai inisiatif dan peluang kolaborasi dalam penerapan teknologi digital yang inovatif dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas di sektor perdagangan dan industri.

Selama kunjungan, Y.M. Filipus Nino Pereira dan rombongan diperkenalkan dengan berbagai inovasi teknologi yang telah dikembangkan oleh WIR Group.

BACA JUGA: Totok Amin: ATVI-IMDE, Kampus Ideal Bagi Mahasiswa Kreatif yang Ingin Masuk Industri di Era Digital

Mereka berkesempatan melihat demonstrasi langsung dari aplikasi AR dan VR yang telah digunakan oleh berbagai klien terkemuka untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan efisiensi operasional.

Selain itu, diskusi juga mencakup potensi implementasi teknologi AI dan blockchain dalam mendukung digitalisasi proses bisnis di Timor-Leste.

Y.M. Filipus Nino Pereira menyampaikan apresiasinya atas sambutan hangat dan presentasi yang komprehensif.

“Kami melihat banyak potensi kerjasama yang dapat dikembangkan untuk mendukung transformasi digital di Timor-Leste, khususnya di sektor perdagangan dan industri,” ucap Filipus dalam keterangannya, Jumat (9/8).

Dia berharap kunjungan itu menjadi awal dari kerjasama yang lebih erat antara kedua negara.

Sementara itu, Direktur Utama WIR Group Stephen Budiman mengatakan bahwa pihaknya sangat terhormat atas kunjungan Y.M. Filipus Nino Pereira dan delegasinya.

“Kami melihat ini sebagai kesempatan besar untuk berbagi pengalaman dan teknologi yang telah kami kembangkan, serta untuk mengeksplorasi peluang kerjasama strategis di masa depanyang dapat mendukung transformasi digital di Timor-Leste,” jelasnya.

Dengan lebih dari 74 persen populasi berusia di bawah 35 tahun dan meningkatnya pengguna internet serta media sosial, Timor-Leste memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekosistem digital yang kuat.

Kunjungan itu diharapkan dapat membuka jalan bagi kolaborasi lebih lanjut antara WIR Group dan Timor-Leste dalam berbagai proyek teknologi dan inovasi.

"Kolaborasi ini tidak hanya akan membawa manfaat bagi kedua belah pihak, tetapi juga akan menciptakan lapangan kerja baru dan peluang usaha yang inovatif di Timor-Leste," tambah Stephen Budiman. (mcr4/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... APPBI Nilai Transaksi Digital Aman, Begini Respons Penyedia Jasa


Redaktur : Elfany Kurniawan
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler