Kunjungi Kiai Asep Manonjaya, Ganjar Disambut Ribuan Santri, Dapat Hadiah Spesial

Senin, 09 Oktober 2023 – 21:22 WIB
Capres 2024 Ganjar Pranowo kunjungi sahabat lamanya, Kiai Asep Ahmad Maoshul Affandy di Ponpes Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya, Senin (9/10/2023). Foto: Tim Media Ganjar

jpnn.com - Capres 2024 Ganjar Pranowo disambut ribuan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya pada Senin (9/10).

Ganjar datang ke lembaga pendidikan Islam itu untuk bertemu pengasuh ponpes sekaligus sahabat lamanya, Kiai Asep Ahmad Maoshul Affandy.

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Aktif di Medsos dan Berkarakter, Bikin Gen Z Kepincut

Kehadiran Ganjar di ponpes itu juga disambut mantan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum yang masih keluarga Kiai Asep.

BACA JUGA: Pendekar Silat di Kediri Tewas Dianiaya, AKBP Teddy Chandra Datang Melayat

Mereka kemudian melaksanakan salat magrib berjemaah yang juga diikuti para santri ponpes tersebut.

Selesai salat, Kiai Asep mengenalkan eks gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu kepada ribuan muridnya yang begitu antusias menyambut Ganjar.

BACA JUGA: Ganjar Disambut Teriakan Ribuan Santri, Kiai Nur: Ini Menyiratkan Dukungan Kami

Kiai Asep pun mengatakan bahwa Ganjar adalah sahabat lamanya saat mereka menjadi anggota DPR RI.

"Anak-anakku sekalian, malam ini ayah kedatangan tamu. Beliau sahabat ayah sejak 2009 saat menjadi anggota DPR RI. Dan 2013 lalu beliau jadi Gubernur Jawa Tengah. Ada yang kenal," tanya Kiai Asep kepada ribuan santrinya.

"Pak Ganjar Pranowo," jawab santri dengan kompaknya.

"Wah, Pak Ganjar sudah terkenal di kalangan santri," imbuh Kiai Asep, disambut tepuk tangan riuh para santri.

Di ponpes itu, Ganjar diajak Kiai Asep dan Kang Uu untuk berziarah ke makam keluarga.

Setelah itu, mereka menuju kediaman Kiai Asep dan mengobrol bersama. Keduanya juga mengenang pertemanan mereka saat di Senayan.

"Itu fotonya Pak Ganjar, saat dulu 2009. Waktu itu kita sering ketemu meski beda komisi," ujar Kiai Asep yang juga politisi PPP itu menunjukkan foto di ruang keluarga.

Pada pertemuan itu, Ganjar dan Kiai Asep mengobrol cukup lama. Mereka juga membicarakan soal politik dan isu aktual di Indonesia.

Selain itu, Kiai Asep juga menghadiahi Ganjar buku karyanya yang salah satunya berjudul Jihad Politik Putra Petinggi DI/TII.

"Ini ada beberapa buku saya, pak, tetapi yang satu ini spesial. Judulnya Jihad Politik Putra Petinggi DI/TII. Mudah-mudahan Pak Ganjar berkenan," ucap tutur Asep.

Ganjar sangat senang bisa bersilaturahmi ke kediaman Kiai Asep sekaligus bertemu Kang Uu. Ganjar menyebut kedua tokoh di Jabar itu adalah sahabat lamanya.

"Beliau sahabat saya lama sekali. Kiai Asep sejak jadi anggota DPR RI dan Kang Uu ketika menjadi wagub Jabar. Saya sudah lama ingin silaturahmi dan baru kali ini kesampaian," tutur Ganjar.

Diakui Ganjar dalam pertemuan itu mereka juga membicarakan soal politik.

"Karena keluarga ini keluarga politik, dari PPP semua, maka ini judulnya ketemu sesama politisi dan bahasannya politik, tetapi enggak bahas cawapres, karena belum ada pertanyaan soal itu," ucapnya.

Ganjar juga senang mendapat hadiah buku dari Kiai Asep. Menurutnya, sejak saat berteman dulu dia juga sering mendapat buku dari sahabatnya itu.

"Dulu saya dikasih satu buku oleh beliau, dan hari ini dikasih lagi yang lebih lengkap. Saya tentu senang dan mudah-mudahan ini cara kita saling berbagi ilmu pengetahuan," kata Ganjar Pranowo.(fat/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler