Kurs Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah 60 Poin, Jadi Sebegini

Senin, 17 Oktober 2022 – 17:40 WIB
Kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore ditutup melemah. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore ditutup melemah.

Rupiah ditutup melemah 60 poin ke posisi Rp 15.487 per USD dibandingkan posisi sebelumnya pada penutupan sebelumnya Rp 15.427 per USD.

BACA JUGA: Kurs Rupiah Hari Ini Ambyar Lagi, Waspada!

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan Indonesia masih menghadapi tingginya nilai tukar dolar AS.

Menurut Ibrahim, penguatan dolar AS saat ini disebabkan penguatan fundamental makro ekonomi AS, seperti tingginya angka inflasi.

BACA JUGA: Kurs Rupiah Hari Ini Anjlok Lagi, Makin Dalam

Artinya, kondisi tersebut membuat bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), terus menaikkan suku bunga acuannya sehingga likuditas di dunia mengetat.

"Ada juga pengaruh dari krisis energi dan gangguan rantai pasok akibat perang antara Rusia dan Ukraina," ujar Ibrahim, Senin (17/10).

BACA JUGA: Kurs Rupiah Ngeri-Ngeri Sedap, Diprediksi Bisa Makin Gila

Ibrahim menjelaskan beberapa negara menggunakan intervensi valuta asing untuk menstabilkan rupiah.

Akibatnya, total cadangan devisa yang dimiliki mengalami penurunan lebih dari enam persen dalam tujuh bulan pertama tahun ini sehingga itervensi memanfaatkan cadangan devisa perlu dicermati ulang.

Kemudian, pemerintah harus mengambil langkah sementara untuk mengantisipasi pergerakan mata uang yang secara substansial meningkatkan risiko stabilitas keuangan.

"Pengendalian inflasi di tanah air tidak hanya dilakukan secara makro tatapi mikro sehingga dalam praktik secara riil langsung masuk ke sumbernya," kata Ibrahim.

Ibrahim mengatakan untuk menghadapi tingginya dolar saat ini ialah membiarkan nilai tukar rupiah mengalami penyesuaian, sambil menggunakan kebijakan moneter untuk menjaga inflasi tetap dekat dengan targetnya.

Selanjutnya, untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang  Rp 15.450 - Rp 15.500.(mcr28/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Wenti Ayu Apsari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler