Kurwanto, Sosok Cekatan di Balik ‘Iron Man’ Penolong Korban Kecelakaan Truk BBM Pertamina

Jumat, 22 Juli 2022 – 07:37 WIB
Kurwanto (21), pengamen berkostum Iron Man yang menyelamatkan salah satu korban selamat kecelakaan maut truk Pertamina di Jalan Raya Alternatif Cibubur, Jatisampurna, Kota Bekasi saat diwawancarai wartawan, Rabu (20/7). Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

jpnn.com - Sosok ”Iron Man" ikut menolong korban kecelakaan truk tangki Pertamina di Jalan Raya Alternatif Cibubur, Kota Bekasi, beberapa waktu lalu. Kecekatannya menolong korban terekam kamera ponsel warganet sehingga videonya viral.

Laporan Dean Pahrevi, Cibubur

BACA JUGA: Bocah Laki-laki Berbaju Iron Man Ditemukan Warga, Orang Tuanya Silakan Datang di Polsek Palmerah

PRIA berkostum Iron Man yang biasa terlihat di Simpang Citra Grand Cibubur Bussines District (CBD), Kota Bekasi, itu bukanlah Robert Downey Jr. ‘Iron Man’ tersebut adalah pengamen yang mengharapkan kemurahan hati para pengguna jalan.

Pada Senin lalu (18/7), Iron Man jalanan itu menyaksikan kecelakaan maut yang menewaskan 10 orang. Awalnya dia melihat truk tangki Pertamina melaju di tengah jalan dari arah Jakarta Timur menuju Cilengsi.

BACA JUGA: Kasus Kecelakaan di Cibubur, KNKT Sudah Periksa Sopir Truk Tangki Pertamina, Ternyata

Saat itu lampu pada alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) di Simpang Citra Grand CBD sedang menyala merah. Sebuah Toyota Avanza berkelir merah berhenti dalam antrean kendaraan yang menanti lampu APILL kembali hijau.

“Mobil Pertamina bablas, terus ada mobil merah (Avanza) tertabrak,” kata Kurwanto, sosok di balik kostum Iron Man itu saat ditemui JPNN.com, Rabu (20/7).

BACA JUGA: Polisi Mengoreksi Jumlah Tersangka Kecelakaan Truk Pertamina

Kurwanto menjelaskan sopir truk tangki pengangkut bahan bakar minyak itu langsung banting setir ke kiri. Ternyata di sisi kiri jalan juga ada pengendara yang mengantre perubahan lampu APILL.

Sontak truk tangki itu menabrak kendaraan lain secara beruntun. “… lalu menghantam motor-motor,” tutur Kurwanto.

Pria berusia 21 tahun itu melihat seorang korban tergeletak.  Kurwanto yang masih mengenakan kostum Iron Man langsung tergerak menolong korban. 

"Soalnya enggak ada yang menolong, pada sibuk merekam,” ucapnya. 

Awalnya Kurwanto menyangka korban insiden itu cuma seorang. Namun, dia langsung tersentak ketika melihat pemandangan yang ada. 

“Ya Allah. Saya kira korban cuma satu, pas saya melihat ke belakang, astagfirullah," katanya. 

Banyak korban bergelimpangan di jalan. Walakhir, sepuluh orang yang meninggal dunia karena kecelakaan maut itu.

Video tentang kecelakaan itu langsung viral di berbagai platform media sosial. Di antara berbagai video itu ada yang memperlihatkan Kurwanto dalam kostum Iron Man menolong korban.

Sudah enam bulan belakangan ini Kurwanto mengamen di Simpang Citra Grand CBD. Menurut dia, tidak pernah ada kecelakaan di lokasi itu sebelum dipasangi lampu APILL.

"Pas ada lampu merah saja, tiga bulan ke sini baru ada kecelakaan," katanya.

Perantau asal Cirebon itu menyatakan dirinya tidak akan pernah lupa pada peristiwa maut itu. Dia menuturkan bukan hanya kecelakaannya yang patut disesalkan, melainkan juga makin berkurangnya rasa empati.

Kurwanto menyayangkan orang-orang yang memilih merekam penderitaan korban ketimbang memberikan pertolongan.

"Dalam hati saya, ‘ya Allah, kenapa Indonesia begini banget’,” ujar Kurwanto.

Kini lelaki muda yang telah berstatus duda itu bertempat tinggal tidak jauh dari lokasi kecelakaan. Tuntutan hidup memaksanya merantau ke Jakarta.

Sebelumnya, Kurwanto bekerja sebagai tukang las di kampung halamannya, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Bapak satu anak itu merantau demi mencari penghidupan yang lebih baik.

Namun, nasib mengantar Kurwanto menjadi pengamen berkostum Iron Man. Saat sedang sepi, Kurwanto bisa membawa pulang uang Rp 200 ribu. 

“Kalau ramai Rp 800 ribu per hari,” ucapnya.(cr1/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler