KY Laporkan Enam Hakim PT Jabar Ke KPK

Kamis, 09 Januari 2014 – 18:22 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Komisioner Bidang Pengawasan dan Investigasi Hakim Komisi Yudisial (KY)  Eman Suparman melakukan koordinasi dengan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad dan Deputi Penindakan KPK. 

Koordinasi ini dilakukan setelah KY menerima laporan soal dugaan korupsi yang dilakukan oleh enam hakim Pengadilan Tinggi Jawa Barat.

BACA JUGA: Popularitas Jokowi Gerus Suara Partai di Luar PDIP

Eman menyatakan, soal hakim nakal itu diketahui dari laporan mantan Hakim Pengadilan Negeri Bandung Setyabudi Tedjocahyono yang menjadi terpidana kasus dugaan suap pengurusan perkara dana Bantuan Sosial Pemerintah Kota Bandung. 

Setyabudi membuka peran hakim lain karena bersedia menjadi justice collaborator.

BACA JUGA: Anies Tidak Takut Bertarung Lawan Jokowi

"Saya telah berkoordinasi dengan pak ketua KPK (Abraham) dan deputi penindakan karena Komisi Yudisial menerima laporan dari terpidana mantan hakim (Setyabudi). Dia bersedia menjadi justice collaborator. Yang saya laporkan tadi bersama surat terpidana tadi ada enam orang hakim," kata Eman di KPK, Jakarta, Kamis (9/1).

Eman enggan membeberkan enam orang hakim Pengadilan Tinggi Jawa Barat yang dilaporkan Setyabudi ke KPK. 

BACA JUGA: Jokowi Capres, PDIP Panen Suara

"Waduh mohon maaf kalau namanya saya tidak boleh menyampaikan karena itu harus jaga baik sebelum dinyatakan bersalah oleh pengadilan," ujarnya.

Namun demikian, begitu disinggung apakah bekas Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat Sareh Wiyono termasuk yang dilaporkan ke KPK, Eman mengamininya. "Termasuk (Sareh)," ucapnya.

Eman menyatakan, soal keborokan enam hakim itu dilaporkan ke KPK karena sudah menyangkut tindak pidana. KY, kata dia, hanya menelusuri masalah etika saja.

Menurut Eman, KPK akan menindaklanjuti laporan dari KY. "Ketua KPK dan deputi penindakan baik sekali dan sangat responsif untuk segera menindaklanjuti karena KPK sendiri pada dasarnya sudah berjalan ditambah lagi dengan informasi dari kami. Jadi beliau-beliau sangat senang," pungkasnya. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemilih Demokrat Lari ke Jokowi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler