Laga Tertunda Lagi, Chris John Pensiun

Kamis, 15 Juli 2010 – 07:51 WIB
MUNDUR - Chris John (dua dari kanan) saat berlatih di Senayan, beberapa waktu lalu. Foto: JPNN/arsip.
JAKARTA - Chris John mendadak mengeluarkan keputusan mengejutkanMelalui istrinya, Anna Maria Megawati, petinju bergelar Super Champions kelas bulu versi WBA menyatakan gantung sarung tinju.

Kabar itu memang bak petir di siang bolong

BACA JUGA: Jadwal Persija v Persik Dimajukan

Sebab, petinju bernama lengkap Yohannes Christian John itu beberapa hari terakhir ini tengah sibuk mempersiapkan pertarungan pilihan (choice) kontra Fernando David Saucedo.

Duel itu dijadwalkan dipanggungkan pada 26 Juli mendatang di Pacific Place, Jakarta
"Ya, memang Chris John sudah resmi pensiun

BACA JUGA: De Jong Akui Beruntung Tak Diusir

Itu adalah janjinya sejak lama kepada saya dan anak-anaknya," ucap ibu dua anak itu saat dihubungi tadi malam.

Kemarin (14/7), adalah hari yang berlalu cepat bak roller coaster bagi kehidupan Chris John
Siang hari, dia masih menemui Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Balai Kota untuk memberikan dukungan kepadanya.

Kemudian, asisten manajernya, Tony Priatna menyatakan duelnya dengan Saucedo kembali ditunda karena dia menderita cedera rusuk dalam proses latihan sebelumnya

BACA JUGA: Ucapan Selamat dari Bekas Koloni

Kemudian, malam harinya, muncul berita petinju berjuluk The Dragon itu menarik diri dari dunia yang sudah membesarkannya itu.

"Kalau pertarungan ini batal sekali lagi, dia tidak akan kembali naik ringSaya berdoa setiap hari agar suami saya tidak naik ring lagi," ungkap mantan atlet wushu nasional itu.

Duel itu, sejatinya sudah tertunda dua kali sebelum kemarin Tony Prianta menyatakan pembatalanPertarungan itu sebenarnya direncanakan berlangsung April laluTapi, diundur karena belum ada kepastian lawan.

Lalu, muncul jadwal baru pada 22 Mei di Bali dengan lawan SaucedoNah, ketika lawan sudah menanti, duel itu kembali harus mundur karena petinju yang sudah mempertahankan gelarnya sebanyak 12 kali itu mengalami cedera bahu.

"Ini sudah menjadi kehendak TuhanSaya tidak menghendaki suami saya pensiun dalam keadaan terlalu parah," ungkap wanita yang tinggal di Semarang itu"Saya selalu mengingatkan Chris agar tidak selalu mengejar materiAnak-anak mulai tumbuh, mereka juga butuh kasih sayang," lanjutnya.

Anna mengaku sangat khawatir dengan cedera yang rusuk yang diderita suaminyaMenurut penuturan Anna, saat pulang ke Semarang, Senin (12/7), Chris John sering mengeluhkan sakit yang dideritanyaPadahal, sebelum pulang, Chris sudah check up di salah satu rumah sakit yang di Jakarta.

Sementara itu, Chris John sendiri belum bisa dimintai keterangan mengenai pengunduran dirinya yang memiliki rekor tanding 43 kali menang (22 KO/TKO) dan seri dua kali ituBegitu juga dengan jajaran manajemennya, seperti manajer sekaligus pelatihnya Craig Christian, Tony Priatna, maupun AMHendro Priyono yang menyatakan bakal menjadi promotor laga kontra Saucedo itu(nar/ito/jpnn)

Kronologi Laga Chris v Saucedo
1Setelah menang melawan Rocky Juarez di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), 19 September 2009, Chris bisa melakukan pertarungan pilihan (choice).
2Chris John dijadwalkan naik ring April laluKarena belum ada kepastian siapa lawannya, pertarungan itu akhirnya tertundaTapi, April dia sudah berangkat ke Perth, Australia, untuk berlatih di Harry's Gym.
3Petinju asal Banjarnegara itu akhirnya mendapatkan Fernando David Saucedo dari Argentina sebagai lawannyaDia adalah penantang peringkat ke-15 WBADuel itu dijadwalkan 22 Mei di Bali, dengan promotor Zaenal Thayeb.
4Pertarungan itu diundur karena Chris mengalami cedera bahu saat latihan di Bali pada 29 April lalu.
5Setelah Chris pulih, duel dijadwalkan ulang pada 26 Juli di Pacific Place, JakartaPemindahan tempat itu membuat Zaenal Thayeb mengundurkan diri sebagai promotor.
6Chris John tiba di Jakarta 29 Juni dan mulai berlatihDia difokuskan untuk melakukan sparring partner.
7Jenderal (Purn) A.MHendro Priyono diperkenalkan sebagai promotor pengganti Zaenal Thayeb pada 9 Juli.
8Pada 14 Juli Tony Priatna menyatakan duel kembali mundur karena Chris menderita cedera rusuk kanan.
9Pada 14 Juli malam, Anna Maria Megawati, istri Chris, menyatakan suaminya telah gantung sarung tinju.

Biodata
Nama lengkap          : Yohannes Christian John
Julukan                      : The Dragon
Gelar Juara dunia    : WBA
Tinggi                         : 171 cm
Lahir                           : Banjarnegara, 14 September 1979
Gaya                           : Orthodoks
Pelatih/Manajer        : Craig Christian
Debut Juara              : 26 September 2003 di Bali, WBA interim, menang angka tipis saat menantang Oscar Leon (Kolombia)
Rekor tanding           : 44 kali
Menang                      : 42
Menang KO/TKO      : 22
Kalah                          : 0
Draw                           : 2

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cruyff Kecam Performa Belanda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler