Lagi, Busway Terbakar di Jalan

Diduga dari Mesin, Penumpang Panik

Kamis, 22 Desember 2011 – 05:44 WIB

JAKARTA - Untuk kali kesekian, bus transjakarta atau yang akrab disebut busway terbakarMeski tidak menelan korban jiwa, busway bernopol B 7758 ZX koridor Harmoni-Terminal Kali Deres tersebut hangus dilalap sijago merah tidak jauh dari shelter busway Jembatan Baru, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (21/12)

BACA JUGA: Natal di GKI Yasmin Tunggu Izin Kapolda

Belum diketahui penyebab kebakaran bus tersebut.

Informasi yang dihimpun menyebutkan peristiwa kebakaran busway koridor III bernomor seri TB-058 tersebut terjadi sekitar pukul 14.00
Saat itu, Satir, 45, pengemudi busway bersama Abdul Hadi, 45, petugas on board busway sedang dalam perjalanan dari Harmoni menuju Terminal Kali Deres.

Di tengah jalan, sopir busway merasakan ada sesuatu yang aneh dengan bus berbahan bakar gas (BBG) yang dia kemudikan

BACA JUGA: April 2012, Tol Becakayu Mulai Digarap

Satir kemudian menghentikan busnya sekitar 100 meter sebelum Shelter Busway Jembatan Baru
“Ada satu petugas turun mengecek mesin belakang,” kata Norman, 45, saksi warga sekitar.

Pria yang berprofesi sebagai tukang ojek di shelter Jembatan Baru ini menjelaskan, setelah petugas tersebut turun, dia melihat asap keluar dari mesin belakang

BACA JUGA: Belasan Tempat Wisata Rusak

Petugas itupun buru-buru kembali ke dalam bus mengambil tabung pemadam api atau fire extinguisher dan langsung membuka kap mesin belakang”Para penumpang langsung turun,” jelasnya.

Saat kap mesin belakang dibuka, asap tebal langsung keluar dari mesin belakangPercikan api pun mulai munculBahkan, upaya petugas  menggurangi percikan api dengan tabung pemadam kebakaran tidak kunjung berhasilSebaliknya, percikan  api itu semakin membesar dan memasuki bagi dalam bus hingga melalap bagian atap

Melihat api dari belakang semakin membesar, Satir yang berada di depan langsung keluar dengan memecahkan kaca jendela pintu kanan“Sopir yang di depan langsung memecahkan kaca samping dan keluar,” ujarnyaDikatakan, sebagian penumpang yang masih di dalam menjadi panik dan berhamburan keluar.

Tidak lama kemudian, satu satu unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi“Setelah api agak padam, lalu datang lagi dua mobil pemadam lainnya,” ceritanya.

Umar Syarif petugas patroli shelter busway dilokasi mengaku, bus koridor III jurusan Harmoni menuju terminal Kalideres dalam keadaan kosongTidak ada penumpang seperti yang diceritakan warga“Kebetulan sedang tidak ada penumpang, jadi tidak ada korban,”ucap Umar.

Sejumlah petugas yang berada di lokasi enggan menjelaskan kronologis peristiwa tersebutBahkan, petugas shelter busway Jembatan Baru tutup mulutWalaupun kejadian tersebut tepat di depan mereka“Wah saya nggak tahu Mas, siapa sopirnya dan kronologisnya seperti apa,” terang petugas berseragam putih yang tidak mau menyebutkan namanya itu.

Kanit Laka Polres Metro Jakarta Barat, AKP Rachmad Dahlizar mengatakan, tidak ada penumpang dalam busway tersebut sehingga tidak ada korban jiwa”Busway itu berhenti setelah diberitahu pengendara roda dua, kalau ada asap di belakang,”papar pria asal Padang itu.

Lantaran kewalahan memadamkan api, cerita Rachmad, dua unit busway berhenti dari arah belakang membantu memadamkan api“Semakin disemprot dengan tabung, bukan semakin padam api semakin besar,”paparnya.

Sebelumnya, kebakaran seperti kejadian di atas sering menimpa buswayPeristiwa tersebut pernah terjadi di kawasan Monas, pool busway Pinang Ranti, dan tempat lainKebakaran yang terjadi di depan Citraland kemarin menimbulkan kemacetan yang cukup panjang”Bangkai busway dibawa ke pool busway Rawa Buaya,” paparnya.

Mengenai penyebab utamanya, Rachmad mengaku masih menyelidiki kasus tersebut"Kita belum tahu, masih kita selidiki," tukasnya(ash)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siswa Sekolah Dilarang Konvoi Malam Tahun Baru


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler