Lagi Pesta Bujang, Malah Temukan Fosil Berusia 10 Juta Tahun

Sabtu, 14 Juni 2014 – 14:35 WIB
Sekelompok bujangan di New Mexico Amerika Serikat, pose bareng usai menemukan fosil yang diperkirakan berusia hingga 10 juta tahun. Getty images

jpnn.com - ALBUQUERQUE- Sebuah tengkorak binatang purba (mastodon) ditemukan oleh sekelompok orang yang sedang menggelar Pesta Bujang di Elephant Butte State Park, sekitar 155 mil selatan dari Albuquerque, New Mexico, Jumat (13/6).

Peserta pesta tersebut menemukan fosik tengkorak itu lengkap dengan taringnya terkubur di dalam pasir.

BACA JUGA: Pasukan Keamanan Ukraina Kuasai Mariupol

Setelah sadar hal yang ditemukannya kemungkinan besar merupakan bagian sejarah, Kelompok Bujangan itu kemudian menghubungi New Mexico Museum of Natural History and Science.

Menurut pihak museum, penemuan tersebut diprediksi awal berusia 10 juta tahun, dan bisa memakan waktu enam bulan untuk membersihkannya.

BACA JUGA: Junta Thailand Bentuk Pemerintah Sementara September

Gary Morgan, kurator museum itu memimpin tim menggali fosil, yang dimakamkan di sekitar empat kaki (1,2 meter) dari danau lumpur.

Setelah muncul di permukaan, fosil tersebut diketahui berukuran sekitar 1,5 x 1 meter dengan berat lebih dari 450 kg. "Temuan mastodon ini lebih tua daripada mammoth berbulu yang hidup di bumi pada zaman es. Ia mungkin mati di atas pasir di Sungai Rio Grande," kata Morgan.

BACA JUGA: Menyusup ke Gereja, Seorang Misterius Tembak Mati Pastor

"Saya sudah ada di sini selama 20 tahun dan belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya," ucapnya.

Mastodon adalah kerabat gajah yang berdiri 10 kaki (3 meter) dan bermigrasi ke Amerika Utara sekitar 15 juta tahun yang lalu.

Mereka tersebar di seluruh benua bersama macan bergigi pedang, kukang raksasa, dan unta Amerika sebelum punah sekitar 10 ribu tahun lalu.

Morgan mengatakan penemuan luar biasa itu kian terungkap usai air danau Elephant Butte dikuras.

"Pembersihan bisa berlangsung sekitar enam bulan. Penemuan ini sangat penting dan harus disimpan. Fosil bisa dipamerkan di museum setelah penelitian dirampungkan. Mungkin bisa setahun (lama penelitian)," ujar Morgan seperti dilansir dari GMA News. (adk/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Militan Serukan Penyerbuan ke Baghdad


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler