Laksamana Yudo Inspeksi Pasukan dan Kapal Perang di Jakarta Utara

Kamis, 29 Desember 2022 – 09:10 WIB
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali saat melakukan "Admiral Inspection" pasukan dan kapal petang di Dermaga Pondok Dayung, Jakarta Utara, Rabu (28/12/2022). ANTARA/Syaiful Hakim

jpnn.com, JAKARTA UTARA - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan inspeksi pasukan dan kapal perang Indonesia (KRI) di Dermaga Pondok Dayung, Jakarta Utara, Rabu (28/12).

Inspeksi itu dilakukan menjelang serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) kepada Laksamana Muhammad Ali.

BACA JUGA: Soal Calon Pangkogabwilhan I, Laksamana Yudo: Tunggu Wanjakti TNI

Admiral inspection tersebut dilaksanakan menggunakan KAL Yudhistira dengan rute pelayaran dari Dermaga Kolinlamil menuju Dermaga Sunda Pondok Dayung, Jakarta Utara.

Kegiatan itu salah satu tradisi di lingkungan TNI AL yang dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan terhadap kesiapan unsur-unsur kapal perang TNI AL.

BACA JUGA: Masa Jabatan Presiden Diperpanjang? Adi: Enak Betul, Pak

Tradisi tersebut menjadi bagian dari rangkaian kegiatan sertijab sebelum menyerahkan tongkat komando KSAL kepada penggantinya, sekaligus salam perpisahan dari pemimpin lama dan memperkenalkan pemimpin baru.

Setiba di Dermaga Pondok Dayung, Panglima TNI disambut dengan tembakan gun salute dari KRI Silas Papare-386 dan KRI Sultan Taha Syaefudin-376 sebanyak dua kali.

BACA JUGA: Tanggapi Isu Reshuffle Kabinet Jokowi, Aria Bima PDIP: Segera Saja

Saat bersamaan KAL Yudistira menerima penghormatan dan parade rol oleh prajurit ABK KRI yang dilanjutkan dengan menampilkan yel-yel serta menyanyikan Gending Jalesveva Jayamahe.

Lalu terdapat atraksi Fly Pass Pesud dari Satuan Udara Koarmada RI dengan mengibarkan bendera bertuliskan Jalesveva Jayamahe.

Di Dermaga Sunda Pondok Dayung, Panglima TNI dan KSAL yang baru melaksanakan Inspeksi Ranpur Marinir dan Passusla (Denjaka, Taifib, Kopaska, Koppeba, Penerbang, dan Kapal Selam).

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan kegiatan itu merupakan tradisi TNI AL dalam melaksanakan serah terima pemimpinnya, baik serah terima KSAL maupun serah terima Panglima Armada.

"Kami meninjau unsur-unsur kita, meninjau pasukan-pasukan khusus yang tergelar. Baik pesawat kemudian Marinir, KRI, maupun pangkalan," kata Yudo saat memberi keterangan pers.

Dia mengatakan sistem senjata armada terpadu (SSAT) yang merupakan satu kesatuan kekuatan TNI AL juga dicek.

"Dengan begini sekaligus saya pamitan kepada mereka, ya, tentunya mereka telah melaksanakan tugas selama ini bersama saya dengan baik. Ya, saya serahkan nantinya kepada KSAL yang baru Laksamana Muhammad Ali," tutur Yudo.

Laksamana Muhammad Ali bakal meneruskan kebijakan Laksamana Yudo Margono saat memimpin TNI AL yang sudah sangat maju.

"Saya tentu akan meneruskan dan mengembangkan, minimal sama atau bahkan bisa lebih baik kalau memang didukung kerja sama yang baik," kata Ali.(antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Diangkat Jadi KSAL, Laksamana Ali Punya Kekayaan Sebegini


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler