Langkah Strategis Indonesia Re di Tahun 2025, dari Restrukturisasi hingga Digitalisasi

Senin, 21 Oktober 2024 – 11:32 WIB
Indonesia Re turut berpartisipasi dalam kegiatan 28th Indonesia Rendezvous yang diselenggarakan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Foto: Indonesia Re

jpnn.com, NUSA DUA - PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re, perusahaan reasuransi terkemuka di Indonesia turut berpartisipasi dalam kegiatan 28th Indonesia Rendezvous yang diselenggarakan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Acara ini merupakan salah satu platform strategis pertemuan para pelaku Industri Asuransi & Reasuransi Umum berskala global, sekaligus untuk membahas perkembangan terbaru di industri perasuransian serta menjalin kemitraan yang lebih kuat.

BACA JUGA: Indonesia Re Gelar Pelatihan Public Speaking untuk Tenaga Magang Beasiswa Berprestasi

Direktur Teknik Operasi Indonesia Re Delil Khairat mengungkapkan peran strategis Indonesia Re dalam mendukung acara ini serta rencana bisnis perusahaan untuk tahun 2025 melalui penyelenggaraan Indonesia Re Hospitality Suite selama dua hari penuh sebagai bagian dari rangkaian 28th Indonesia Rendezvous 2024.

"Pada penyelenggaraan Hospitality Suite di Indonesia Rendezvous bukan hanya tentang berbagi informasi satu arah, tetapi juga menjadi salah satu wadah dan rangkaian komunikasi dengan para klien kami. Hal ini sangat penting bagi kami dalam menginformasikan kebijakan yang lebih baik bagi industri secara keseluruhan untuk tahun 2025," ujar Delil.

BACA JUGA: Indonesia Re Raih Penghargaan Best Reinsurance di Insurance Award 2024

Keberadaan Hospitality Suite Indonesia Re di Indonesia Rendezvous berfungsi sebagai platform komunikasi yang sangat efektif bagi Indonesia Re untuk meninjau kembali kebijakan yang telah diterapkan selama satu tahun, serta memperkenalkan rencana strategis untuk tahun berikutnya.

Salah satu fokus utama dalam keberadaan Hospitality Suite di Indonesia Rendezvous adalah untuk menyampaikan update informasi dan diskusi proses renewal treaty untuk tahun 2025.

BACA JUGA: Nova Liana Tampil dalam Balutan The Royal Flavors Of Payakumbuah

Delil juga menyoroti kembali pengalaman selama pandemi COVID-19 yang mempengaruhi struktur bisnis Indonesia Re, di mana kapasitas yang diberikan kepada perusahaan asuransi terlalu besar dibandingkan dengan retensi yang ditahan.

"Ini menyebabkan ketidakseimbangan dalam pembagian risiko. Oleh karena itu, sejak 2023 kami mulai melakukan restrukturisasi treaty-nya, memastikan keseimbangan antara kapasitas dan retensi perusahaan asuransi," ungkapnya.

Dengan pembaruan kebijakan ini, Indonesia Re juga telah menerapkan full bordereaux reporting dari perusahaan asuransi serta pembatasan co-insurance untuk lebih mengontrol akumulasi risiko.

"Kami belajar banyak dari pandemi dan siap untuk mengimplementasikan kebijakan yang lebih ketat untuk memastikan stabilitas di tahun-tahun mendatang".

"Pada tahun 2024, kami telah melakukan perubahan signifikan dalam Treaty, seperti restrukturisasi, koreksi harga, serta peningkatan manajemen akumulasi risiko. Untuk tahun 2025, kami berencana melanjutkan peningkatan ini dengan fokus pada retention yang optimal, terus melakukan optimalisasi pricing, serta pembatasan jumlah panel coinsurance dan facultative inward. Kami juga akan terus meningkatkan efisiensi administrasi Treaty, termasuk memperbaiki proses pelaporan dan penanganan klaim," kata Delil.

Potensi Pertumbuhan di 2025

Properti, kendaraan bermotor dan kredit merupakan tiga lini bisnis terbesar di industri asuransi umum Indonesia. Namun, Indonesia Re melihat potensi pertumbuhan terbesar untuk bisnis treaty dan facultative masih didominasi oleh lini bisnis properti.

Tidak banyak premi asuransi kendaraan bermotor yang mengalir ke reasuransi mengingat harga pertanggungan yang relatif kecil sehingga dapat ditahan oleh perusahaan asuransi.

Sementara itu, lini bisnis asuransi kredit memang berpotensi memberikan premi reasuransi yang besar pasca terbitnya POJK no.20 tahun 2023.

Namun demikian, Indonesia re akan sangat berhati-hati dalam memulai kembali menyalurkan kapasitas reasuransi mengingat portofolio kredit yang bersifat sistemik dan sangat sulit untuk dikelola. Adalah sangat penting untuk tidak terjatuh ke lubang yang sama akibat pengelolaan risiko yang tidak prudent dimasa lalu. 

Beberapa hal yang menjadi perhatian Indonesia Re terkait reasuransi kredit adalah pentingnya membatasi periode reasuransi atau boundaries of contract menjadi annual, penguatan ketentuan subrogasi, treaty customization mengikuti jenis kredit atau pembiayaan serta transparansi yang maksimum.

Strategi dan Transformasi Digital di 2025

Untuk mengoptimalkan bisnis pada 2025, Indonesia Re akan melanjutkan perbaikan portofolio dan meningkatkan efisiensi administrasi.

Salah satu langkah utama adalah dengan memperkuat penggunaan platform digital, RIU Connect, yang direncanakan diluncurkan pada 2025.

"Dengan RIU Connect, seluruh proses bisnis akan terintegrasi secara digital, meminimalkan kesalahan manual, dan meningkatkan efektivitas operasional," tutur Delil.

Saat ini, sebanyak 20 perusahaan asuransi umum telah menandatangani perjanjian untuk berpartisipasi dalam platform ini, dan komitmen serta implementasi penuh diharapkan bisa dilakukan pada awal 2025.

Dengan berbagai strategi dan inovasi yang telah dirancang, Indonesia Re optimis dapat terus memainkan peran penting dalam industri perasuransian nasional.

"Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan industri asuransi di Indonesia, baik melalui kebijakan yang lebih terstruktur, pengembangan teknologi, maupun peningkatan kualitas sumber daya manusia," pungkas Delil. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perempuan Mantan Caleg Sebarkan Video Porno


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler