National Costume Miss Grand International 2024

Nova Liana Tampil dalam Balutan The Royal Flavors Of Payakumbuah

Senin, 21 Oktober 2024 – 11:21 WIB
Nova Liana tampil memukau dalam balutan The Royal Flavors Of Payakumbuah di ajang National Costume Miss Grand International 2024. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Nova Liana yang menyabet gelar Miss Grand Indonesia 2024 menjadi perwakilan Indonesia di ajang Miss Grand International 2024 yang digelar di Kamboja dan Thailand pada 3 hingga 25 Oktober 2024.

Sejak masuk karantina, gadis asal Sumatera Selatan ini tampil memukau di setiap sesi penilaian ajang kecantikan internasional tersebut, termasuk saat National Costume Competition yang berlangsung pada Minggu, 20 Oktober 2024 di MGI Hall, Bangkok, Thailand.

BACA JUGA: Sarlin Jones Bersiap Ikuti Ajang Miss Grand International 2019

Pada malam kompetisi National Costume, Nova Liana tampak paling bersinar di antara peserta lainnya.

Gadis berusia 23 tahun tersebut membawakan kostum nasional bertema “The Royal Flavors Of Payakumbuah”.

BACA JUGA: MS Glow jadi Sponsor Utama Ajang Miss Grand International 2022

“The Royal Flavors Of Payakumbuah” didesain oleh Annisa Banyuwangi dan terinspirasi dari tradisi makanan Padang dengan beragam hidangan lezatnya.

Tradisi ini dilambangkan dengan tampilan masakan Minangkabau yang dibawa di atas nampan besar.

BACA JUGA: Selamat, Nova Liana Terpilih Sebagai Miss Mega Bintang Indonesia 2024

Founder Yayasan Dunia Mega Bintang yang memegang lisensi Miss Grand Indonesia Ivan Gunawan mengatakan bahwa desain kostum ini adalah gambaran terhadap kebanggaan budaya Indonesia dan kecintaan yang mendalam terhadap makanan khas Indonesia yang disatukan secara sempurna dalam sebuah desain kostum.

Bagi Ivan, National Costume Competition bukan hanya sekedar kompetisi kostum, namun ada pesan yang harus tersirat di dalamnya.

“National Costume itu bisa menjadi sarana promosi wisata Indonesia di mata dunia. Makanan padang itukan grande dan sangat Indonesia. Maka saya berharap dari National Costume yang otentik, unik dan fresh ini Nova bisa cerita ke kontestan lainnya bahwa ini adalah masakan Padang, salah satu makanan khas Indonesia yang rasanya luar biasa. Silakan datang ke Indonesia untuk mencicipinya”, ujar Ivan.

Ide Ivan Gunawan untuk mengangkat masakan Padang ke dunia internasional ini juga didukung penuh oleh Arief Muhammad, pemilik Restoran Padang bernama Payakumbuah.

Bagi Arief, National Costume bertema “Royal Flavors Of Payakumbuah” ini merupakan salah satu cara memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya dari tanah kelahirannya, Minangkabau.

“Melalui kompetisi ini saya ingin masakan Padang diketahui dan dicintai oleh banyak orang, bukan hanya oleh orang Indonesia saja tapi juga dari seluruh dunia," ujar Arief.

Proses pembuatan National Costume ini memerlukan waktu tiga minggu. Sang desainer, Annisa Banyuwangi menceritakan tantangan dalam membuat National Costumenya.

“Kesulitan ada pada faktor buka tutupnya yang agak susah, karena didalamnya terdapat banyak piring dengan aneka lauk khas masakan padang. Pembuatan kostum dua minggu dan satu minggu untuk trial and error buka tutup. Jadi, total proses pembuatan tiga minggu. Untuk berat kostumnya sekitar 5 Kilogram”.

Sementara itu, euphoria dan dukungan terhadap Nova Liana mengalir baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini terlihat dari banyaknya dukungan melalui media sosial dan adanya tuktuk atau kendaraan tradisional Thailand yang dihiasi wajah Nova Liana di Bangkok.

Tuk-tuk berhiaskan wajah Nova ini khusus dipersembahkan pecinta pageant Indonesia untuk menyemangati Nova Liana yang sedang berjuang mengharumkan nama bangsa di ajang Miss Grand International 2024.

Mendapat dukungan yang luar biasa dari masyarakat Indonesia membuat Nova semakin bersemangat untuk melaju di ajang Miss Grand International 2024.

“saya bersyukur dan berterima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia selama saya mengikuti kompetisi MGI 2024 ini. Doa dan dukungan masyarakat indonesia adalah hal yang paling penting dan memberikan semangat tersendiri bagi saya untuk terus mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia”, ujar Nova di sela-sela kegiatannya dalam mempersiapkan kompetisi berikutnya.

Setelah pagelaran National Costume pada Minggu malam, Nova mempersiapkan dirinya untuk malam Preliminary yang akan berlangsung pada 22 Oktober dan Grand Final yang akan berlangsung pada 25 Oktober mendatang.

Sejauh ini, penampilan gadis kelahiran 15 November 2000 ini cukup menarik perhatian.

Untuk mendukung penampilan Nova Liana, Ivan Gunawan yang merupakan National Director Miss Grand Indonesia hadir secara langsung di Bangkok, Thailand. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perempuan Mantan Caleg Sebarkan Video Porno


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler