Larang Ayah Beribadah, Anak Bakar Vihara Buddha Maitreya

Kamis, 15 September 2016 – 19:23 WIB
Tampak depan Vihara Buddha Maitreya Bengkayang. Foto: Kurnadi-Rakyat Kalbar

jpnn.com - BENGKAYANG – A Choi nekat membakar salah satu ruang Vihara Buddha Maitreya di Jalan Bambang Ismoyo, Kelurahan Bumi Emas, Bengkayang, Selasa (13/9).

Api sempat membesar pada pukul 17:30 waktu setempat. Kasus itu terungkap ketika pengurus Vihara Budha Maitreya membuka rekaman CCTV. Di rekaman itu terlihat A Choi membakar bantal dan kasur.

BACA JUGA: Duh Pensiunan PNS Ini Bandel Banget Sih

Api dapat dipadamkan sekitar pukul 18.00. Namun, ruangan berukuran 1,5 x 2 meter itu sudah hangus.

Ketua Yayasan Vihara Budha Maitreya Halim menduga A Choi mengidap penyakit kelainan jiwa. “Dia itu tinggal di Jalan Gereja Protestan,” kata Halim pada Rakyat Kalbar, Rabu (14/9).

BACA JUGA: Tunjangan Anggota Dewan Dipastikan Naik, Nih Rinciannya

Selain sakit jiwa, A Choi juga diduga sakit hati karena ayahnya sering beribadah di tempat itu. Sebelumnya, dia melarang orang tuanya beribadah. “Tapi, saya tidak tahu apa alasannya,” ucap Halim.

Menurut dia, sudah dua kali A Choi berupaya membakar Vihara Budha Maitreya. Sebelumnya, A Choi membuang lampu minyak tanah di salah satu ruangan. “Kejadiannya pagi pukul 08.00 pada tanggal 10 Juli 2016 lalu,” jelasnya.

BACA JUGA: Malam Hari Menyelinap ke Rumah Tetangga, Jahat Ih

Atas kejadian itu, pengurus vihara memasang CCTV. Mereka khawatir A Choi mengulangi perbuatannya. “Ternyata benar terjadi lagi. Untung ada CCTV, pelaku dapat diketahui,” ujar Halim.

Setelah menerima laporan Vihara Budha Maitreya dibakar, jajaran Mapolsek Bengkayang dan Koramil 01 Bengkayang mengambil langkah tegas. A Choi diringkus di rumahnya.

Ketika hendak ditangkap, A Choi sempat bernegosiasi dengan petugas. Dia bahkan berupaya melawan polisi dan TNI dengan gunting. Tapi, tak memakan waktu lama, pria yang sehari-hari bekerja sebagai penjahit itu berhasil diringkus.

Saat diinterogasi, A Choi selalu berkilah. Dia tidak mengakui sudah membakar Vihara Budha Maitreya. Dia bahkan berkelit tengah ikut peribadatan bersama warga.

Namun, dia tak bisa mengelak setelah petugas menunjukkan rekaman CCTV. Di hadapan polisi, A Choi mengaku sakit hati kepada sang ayah Afan. Dia melarang ayahnya beribadah di Vihara Budha Maitreya. (rakyat kalbar)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pencuri Harta Miliaran di Rumah Ahok Akhirnya Tertangkap


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler