Lawan Badan Lemas dengan 4 Makanan Ini

Selasa, 04 Desember 2018 – 04:31 WIB
Badan lemas (ilustrasi). Foto: Volodymyr-Melnyk/123rf

jpnn.com - Badan lemas merupakan kondisi dimana tubuh Anda terasa “tidak bertulang”, sehingga kesulitan untuk sekadar melakukan aktivitas sehari-hari. Keadaan ini bisa terjadi akibat berbagai hal, mulai dari gaya hidup hingga gangguan kesehatan.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, berikut adalah beberapa faktor yang berhubungan erat dengan kejadian badan lemas:

BACA JUGA: 5 Kiat Tidur Nyenyak untuk Penderita Migrain

1.Konsumsi makanan tertentu

Mengonsumsi kafein dan gula bisa menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh Anda. Pasalnya, keduanya dapat membuat Anda semakin lelah serta merasa lemas. Tak lupa pula, ada sederet risiko kesehatan lain yang ditimbulkan kafein dan gula, apalagi bila dikonsumsi secara berlebihan.

BACA JUGA: Bolehkah Ibu Hamil Minum Jamu Tradisional?

2.Waktu tidur

Waktu tidur berperan signifikan dalam menentukan kondisi tubuh seseorang. Jika waktu tidur tercukupi alias tidak kurang atau lebih, maka tubuh akan terasa sehat dan bugar. Sebaliknya, apabila waktu tidur kurang atau berlebih, maka salah satu keluhan yang sangat mungkin terjadi adalah badan lemas.

BACA JUGA: 3 Hal yang Harus Anda Lakukan agar Masa Tua Tetap Sehat

3.Gangguan kesehatan tertentu

Anemia dan kadar gula darah terlalu rendah (hipoglikemi) atau terlalu tinggi (hiperglikemi) adalah beberapa gangguan kesehatan yang menyebabkan keluhan badan lemas. Begitu pula dengan stres dan depresi, yang bahkan bisa membuat penderitanya tidak memiliki semangat untuk menatap esok hari.

Cara atasi badan lemas

Salah satu cara yang terbukti efektif untuk melawan badan lemas adalah dengan mengubah pola makan, dan meningkatkan konsumsi makanan berikut ini:

1.Protein

Protein merupakan zat gizi yang baik untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh Anda. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi tersebut dalam jumlah cukup setiap hari, badan lemas sangat mungkin untuk dihindari. Anda bisa mendapatkan protein dari daging merah, telur, ikan, dan susu serta produk olahannya.

2. Buah-buahan

Apel, jeruk, dan pisang adalah beberapa buah yang bisa menjadi sumber vitamin maupun mineral yang sangat baik dalam membantu tubuh menghasilkan energi. Jadi, dengan makan buah dalam jumlah yang dianjurkan setiap hari, risiko badan lemas dan keluhan lainnya bisa ditekan sekecil-kecilnya.

Jika hendak mengonsumsi buah dalam bentuk jus, pastikan Anda tidak menambahkan campuran lain ke dalamnya. Dan yang paling penting, hindari konsumsi buah-buahan kalengan atau sari buah kemasan, karena mengandung kadar gula yang tinggi.

3. Sayuran

Sayuran mengandung banyak gizi penghasil energi, dan beberapa di antaranya mampu memberi Anda pasokan protein. Konsumsi sayuran, seperti wortel, brokoli, dan bayam dalam jumlah cukup setiap hari disebut mampu mencegah terjadinya badan lemas.

4. Biji-bijian

Biji-bijian adalah sumber karbohidrat yang dapat meningkatkan energi. Ini artinya, oatmeal, gandum utuh, hingga nasi putih bisa menjadi pilihan yang baik untuk lawan badan lemas.

Beberapa serealia sarapan yang mengandung biji-bijian dan dijual bebas di pasaran bahkan ada yang diperkaya dengan vitamin dan mineral. Asupan yang seperti ini sangat baik untuk mencegah badan lemas.

Jangan biarkan badan lemas terjadi, dan menganggu aktivitas atau menurunkan kualitas hidup Anda. Konsumsi makanan di atas pada porsi yang dianjurkan setiap hari, serta ubah gaya hidup menjadi lebih sehat lagi.

Namun, jika badan lemas masih saja terjadi, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter.(NB/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kehilangan Waktu Tidur Bisa Berdampak pada Kesepian?


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler