Piala Presiden 2018

Lawan PSIS, Ajang Persela Seleksi Pemain Asing

Senin, 29 Januari 2018 – 00:29 WIB
Pemain Persela Gaston Castano dkk sedang melakukan pemanasan. Foto: Muhammad Firman/Malang Post/JPNN.com

jpnn.com, MALANG - Persela Lamongan akan menghadapi PSIS Semarang, dalam laga terakhir Grup E Piala Presiden 2018, Selasa (30/1).

Peluang Persela Lamongan untuk melangkah ke babak delapan besar memang sangat tipis.

BACA JUGA: Gawat, Tiga Pemain Asing Mitra Kukar Absen di Solo

Saat ini, tim berjuluk Laskar Joko Tingkir itu berada di posisi tiga grup E dengan koleksi dua poin dari dua laga.

Menghadapi PSIS Semarang ini merupakan laga cukup penting bagi skuat Persela. Sebab, laga ini tak hanya menentukan nasib mereka di Piala Presiden. Namun juga nasib empat punggawa asing yang saat ini ada di skuat Persela dengan status trial.

BACA JUGA: Jelang Laga 8 Besar, PSMS Akan Gelar Uji Coba

Mereka adalah Gaston Casatano, Alessandro Cellin, Jefferson Lopes dan Wallace Costa Alves. Nantinya, salah satu dari empat pemain asing ini akan terdepak.

Mereka akan menjadi bagian Persela bersama Fatkhullo Fatkhulloev dari Tajikistan yang mengisi slot pemain asing asal Asia.

BACA JUGA: PSPS Tetap Cari Poin Demi Hindari sebagai Juru Kunci

Nah, performa empat pemain itu selama gelaran Piala Presiden menjadi patokan. Sejauh ini, Aji sudah memberikan porsi bermain kepada empat pemain asing tersebut dalam dua laga awal.

Jefferson Lopes menjadi starter di laga kontra Arema FC, Sabtu (20/1). Sementara Wallace Costa dan Alessandro Cellin tampil di laga kedua kobtra Bhayangkara, Kamis (25/1). Sedangkan Gaston tampil penuh di dua laga awal.

"Di laga pertama, kondisi Wallace belum fit. Dia baru datang dari Brasil. Makanya saya simpan," kata pelatih Persela Aji Santoso.

Sementara di laga kontra Bhayangkara, Gaston, Alessandro Cellin dan Wallace dipasang sebagai starter. "Kami memang ingin melihat sejauh mana kemampuan mereka untuk bermain di Liga 1," tambahnya.

Dari dua laga awal tersebut, Aji belum berani menyebut siapa pemain yang bakal terdepak. Sebab, gelaran Piala Presiden belum tuntas.

Karena itu, di laga terakhir kontra PSIS Semarang kemungkinan besar empat pemain asing bakal diturunkan. Termasuk duet Cellin-Gaston di lini depan. "Saya minta mereka tampil maksimal," katanya.

Meski demikian, posisi Gaston dan Cellin diyakini bakal aman. Sebab, Aji mengisyaratkan timnya membutuhkan striker mumpuni usai ditinggal top skor klub musim lalu, Samsul Arif.

Praktis, saat ini hanya ada Ghifari Vaiz Aditya yang menjadi andalan lini depan. "Idealnya kami harus memiliki empat striker," imbuh mantan pelatih Arema FC ini.

Itu artinya, bisa jadi salah satu dari Wallace dan Jefferson bakal tersingkir. Wallace adalah seorang pemain belakang. Sementara Jefferson merupakan gelandang bertahan.

"Piala Presiden ini sekaligus sebagai seleksi bagi pemain asing. Kami lihat lah nanti seperti apa evaluasinya," kata asisten pelatih Persela Danur Dara. (gus)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persebaya Sempurna, Juara Grup dan Lolos ke 8 Besar


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler