Layani Ekspor Produk Unggulan hingga Bantuan Kemanusian, Ini Misi Bea Cukai

Kamis, 29 September 2022 – 22:24 WIB
Hatta Wardhana menegaskan komitmen Bea Cukai yang terus memberikan pelayanan khususnya terhadap ekspor produk unggulan hingga bantuan kemanusian. Foto: Dokumentasi Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui ekspor dengan melakukan sinergi dengan berbagai instansi.

Sebagai informasi, berdasarkan data laporan ekonomi dan keuangan edisi 12-18 September yang dirilis Badan Kebijakan Fiskal, ekspor selama Agustus menunjukkan pertumbuhan positif.

BACA JUGA: Bea Cukai Dorong Perusahaan di Jatim Miliki Sertifikat AEO

Meskid demikian, kontribusi ekspor utamanya dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masih perlu ditingkatkan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi nasional yang diharapkan.

“Bea Cukai kembali berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk melepas ekspor komoditas daerah setempat," ujar Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana, Kamis (29/9).

BACA JUGA: Bea Cukai Kanwil Jakarta Terbitkan Izin Fasilitas Gudang Berikat untuk Perusahaan Ini

Selain untuk perdagangan, lanjut Hatta, ekspor kali ini juga bertujuan membawa misi kemanusiaan.

Sebagai wujud solidaritas internasional, Bea Cukai melalui Kanwil Bea Cukai Jakarta turut hadir dalam pelepasan ekspor untuk bantuan kemanusiaan, pada Senin (26/9).

BACA JUGA: Bea Cukai Hancurkan Jutaan Batang Rokok Ilegal di 2 Daerah

Kegiatan berlangsung di Lanud Halim Perdana Kusuma dan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Bantuan yang diberikan berupa barang kebutuhan dasar untuk para korban banjir yang berada di Pakistan.

Barang bantuan yang diberikan berupa kebutuhan dasar yang terdiri dari alat mandi, alat masak, alat tidur dan obat-obatan medis.

"Semoga bantuan ini dapat membantu saudara-saudara kita yang dilanda bencana banjir dan tanah longsor di Pakistan,” ujar Hatta.

Hatta menyampaikan sinergi antara Bea Cukai Tasikmalaya dengan pemerintah daerah setempat dan Bank Indonesia berhasil melepas ekspor yang dilakukan CV Dhisa Crafindo, berupa komoditas topi anyaman sebanyak satu kontainer pada Senin (26/9).

“Sebelumnya, CV Dhisa Crafindo juga mengekspor komoditas serupa tetapi dengan jumlah lebih sedikit," terangnya.

Dia berharap seterusnya CV Dhisa Crafindo dapat meningkatkan kuantitas sekaligus kualitas produknya untuk ekspor.

Sementara itu, PT Komitrando Emporio, perusahaan pengguna fasilitas kawasan berikat di bawah pengawasan Bea Cukai Yogyakarta kembali mengekspor produk unggulannya sejumlah 1.227 karton tas wisata atau travel bag ke Singapura, Belgia, dan Amerika.

Barang-barang tersebut diangkut menggunakan tiga unit kontainer dan diekspor melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, pada Senin (26/9).

Bea Cukai Yogyakarta mencatat bahwa nilai devisa ekspor yang diperoleh mencapai USD 332.165 atau senilai Rp 5,026 miliar.

Hatta menegaskan mengoptimalkan layanan ekspor merupakan komitmen Bea Cukai sebagai industrial assistance dan trade facilitator guna mendukung industri dan perdagangan dalam negeri.

"Kami berharap kinerja ekspor terus bergerak positif sehingga pertumbuhan ekonomi nasional yang diharapkan dapat tercapai,” pungkas Hatta. (mrk/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler