Layani Rakyat, ASN Diminta seperti Pegawai Bank, Selalu Senyum

Kamis, 27 April 2017 – 14:20 WIB
Menteri PANRB Asman Abnur meninjau sejumlah unit pelayanan publik di Kabupaten/Kota Gorontalo, Selasa (25/04). Foto: Humas KemenpanRB

jpnn.com, GORONTALO - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur meninjau sejumlah unit pelayanan publik di Kabupaten/Kota Gorontalo, Selasa (25/04).

Hal ini untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan meski usai libur panjang.

BACA JUGA: Menteri Asman Ingin Ciptakan PNS jadi Profesi Paling Bergengsi

Dalam kunjungannya tersebut, Menteri Asman berpesan kepada petugas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk memberikan pelayanan yang baik.

"Layani mereka dengan senyum," ujar Menteri dengan didampingi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan Wakil Bupati Fadli Hasan.

BACA JUGA: MenPANRB Tinjau Unit Pelayanan Publik dan Audiensi dengan Para ASN

Menteri Asman mengimbau supaya ASN mengubah pola pikir dan budaya kerja. ASN adalah pelayan rakyat, sehingga harus menomorsatukan pelayanan kepada masyarakat.

Masyarakat yang datang seharusnya mendapatkan kepastian pelayanan. Menteri Asman mencontohkan seperti layanan yang ada di bank. Orang yang datang disambut dengan senyum dan tahu akan kemana dan selesainya kapan.

BACA JUGA: Rieke: Usut Tuntas TPPO Berkedok Pengiriman TKI di Condet

"Standar saya seperti bank. Pelayanannya jelas. Jadi nanti tidak boleh kalah dengan swasta," ujar Menteri PANRB.

Kunjungannya ke Gorontalo ini, pertama-tama Menteri PANRB menyasar Kantor Imigrasi Kelas I Gorontalo.

Menteri menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat yang mengurus paspor untuk berangkat haji. "Ngurus apa bu? Selesai berapa hari?" tanya Menteri.

Wanita paruh baya tersebut menjawab sambil senyum, "Paspor pak, tiga hari sudah jadi."

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo Agus Soenaryono mengutarakan kendala yang dihadapi dalam memberikam pelayanan yakni sistem jaringan.

Di wilayah Gorontalo, sering mengalami gangguan jaringan sehingga untuk layanan online sedikit terhambat.

Selanjutnya, Menteri Asman beranjak ke Kantor Samsat Kabupaten Gorontalo. Di sini, pelayanan sudah dipenuhi oleh masyarakat yang akan membayar pajak ataupun mengurus BPKB.

Namun antriannya tertib, karena sudah menggunakan sistem nomor antrian.

Menteri Asman berlanjut ke Polres Gorontalo. Kapolda Gorontalo Rachmat Fudail menyambut kedatangan Menteri.

Di tempat ini, Menteri Asman meninjau pelayanan SKCK dan berbincanh dengan masyarakat yang sedang mengurus SKCK yang akan digunakan sebagai salah satu sarat untuk mencari kerja.

Kemudian Menteri Asman meninjau pelayanan Dinas Dukcapil Kabupaten Gorontalo, Kantor BPN Kabupaten Gorontalo, Badan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo, dan RSMM Dunda.

Menteri Asman mengapresiasi Badan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo karena inovasinya masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017.

Menteri Asman mendorong agar ASN terus berpikir kreatif dan berinovasi untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. (rr/HUMAS MENPANRB)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengumuman: Miryam jadi Buronan KPK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler