Lebih dari 45 Persen EBT Digunakan Pabrik Ajinomoto

Senin, 16 September 2024 – 13:16 WIB
Ajinomoto menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT PLN (Persero) yang menandai dimulainya kerja sama penggunaan listrik bersertifikat Renewable Energy Certificate (REC). Foto dok. Ajinomoto

jpnn.com - Kualitas udara  masih menjadi isu lingkungan yang signifikan di Indonesia. Menurut laporan IQAir 2023 negara ini menduduki peringkat ke-14 dalam tingkat polusi udara tertinggi di dunia.

Dengan konsentrasi PM 2,5 mencapai 37,1 g per meter kubik, sehingga membuat Indonesia menghadapi tantangan besar dalam pencemaran udara, bersama dengan masalah sampah plastik dan pengelolaan limbah.

BACA JUGA: Ajinomoto Dukung Upaya Bisnis Ramah Lingkungan Melalui Health Provider

Sebagai respons terhadap tantangan ini, Ajinomoto meluncurkan inisiatif baru mendukung keberlanjutan lingkungan melalui program Health Provider.

Program ini merupakan bagian dari komitmen Grup Ajinomoto Indonesia terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. 

BACA JUGA: Setengah Abad Lebih Ada di Indonesia, Begini Sepak Terjang Ajinomoto

"Salah satu langkah penting adalah upaya untuk mendukung Nett Zero Emission (NZE) dengan mengurangi emisi karbon," kata Direktur PT Ajinomoto Indonesia Samsul Bakhri, Senin (16/9).

Ajinomoto menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT PLN (Persero) yang menandai dimulainya kerja sama penggunaan listrik bersertifikat Renewable Energy Certificate (REC). 

BACA JUGA: Genjot Inovasi Produk Halal, Ajinomoto Kenalkan Produk Baru

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia Naoto Minemura, dan Vice President Enterprise Solution PT PLN (Persero) Faisal Muslim. 

Samsul Bakhri menjelaskan, sebelum kerja sama dengan PLN, pabrik Ajinomoto di Mojokerto dan Karawang telah melakukan berbagai langkah pengurangan emisi, seperti penggunaan panel surya dan biomassa sebagai bahan bakar mesin boiler. 

“Dengan adanya penggunaan renewable energy baru bersertifikat (REC), total penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) kami meningkat menjadi lebih dari 45%. Ini adalah langkah penting menuju target dekarbonisasi perusahaan sebesar 60% pada 2030,” tutur Samsul.

Ajinomoto Health Provider juga berfokus pada edukasi karyawan terkait pola hidup sehat dan kelestarian lingkungan.

Inisiatif ini termasuk pengolahan limbah produksi menjadi produk bernilai tambah seperti pupuk daun dan tambahan nutrisi pakan ternak.

Selain itu, Ajinomoto Indonesia berkontribusi dalam mengatasi masalah sampah plastik dengan mengurangi material plastik pada kemasan produk dan melakukan inovasi kemasan kertas.

Perusahaan juga bekerja sama dengan platform layanan daur ulang untuk menarik kembali sampah plastik dari masyarakat.(esy/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler