Lestari Moerdijat Sarankan Evaluasi Berkala Agar Pengendalian Covid-19 Makin Baik

Selasa, 12 Oktober 2021 – 17:05 WIB
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyarankan perlunya evaluasi secara berkala terhadap kegiatan publik yang kembali diperbolehkan dibuka di masa pandemi.

"Evaluasi harus dilakukan untuk terus menyempurnakan norma atau aturan dalam berkegiatan di masa pandemi," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/10).

BACA JUGA: Lestari Moerdijat Minta Evaluasi Pelaksanaan PTM untuk Cegah Klaster Baru

Saat tren penurunan jumlah kasus positif Covid-19 terjadi di tanah air, uji coba sejumlah kegiatan di ruang publik dilakukan di berbagai daerah.

Kegiatan tersebut seperti pembukaan mal atau pusat perbelanjaan, pembelajaran tatap muka, kegiatan olah raga seperti Pekan Olah Raga Nasional (PON), serta sejumlah kegiatan di berbagai sektor dengan penerapan berbagai persyaratan ketat.

BACA JUGA: Perbaikan Data Kematian Penting Agar Pengendalian Covid-19 Tepat Sasaran

Mbak Rerie, sapaan karibnya mencontohkan PON di Papua misalnya tidak hanya ditujukan untuk ajang unjuk prestasi para olahragawan di tanah air semata, tetapi bisa dimanfaatkan menjadi ajang uji coba penyelenggaraan kegiatan olahraga berskala besar di masa pandemi.

Evaluasi terhadap pola penyelenggaraan PON misalnya harus dilakukan agar bisa mendapat sejumlah masukan sebagai upaya membentuk norma baru dalam penyelenggaraan kegiatan olah raga yang melibatkan banyak orang.

BACA JUGA: Banyak Masalah dalam Pengendalian COVID-19, Perlu Sikap ini

Berbagai masukan dalam bentuk kelebihan atau kekurangan sistem yang diterapkan, termasuk mekanisme yang harus dilakukan jika terjadi penularan dapat dijadikan dasar perbaikan pada penyelenggaraan kegiatan lainnya di masa datang.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap sejumlah kegiatan masyarakat di ruang publik lainnya juga dievaluasi secara periodik agar dari hari ke hari hingga terjadi penyempurnaan dalam pelaksanaannya.

Dia menegaskan upaya memaksimalkan pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi dalam berbagai kegiatan masyarakat di ruang publik juga harus terus dilakukan.

Menurut Rerie, sejumlah penyempurnaan dalam berbagai teknis penyelenggaraan kegiatan dan pengawasan di ruang publik akan sangat membantu proses pengendalian penyebaran virus Corona di tanah air menjadi lebih baik.

Di sisi lain, banyaknya pengaturan yang harus diterapkan menuntut kedisiplinan masyarakat dalam menjalaninya dan konsistensi para pemangku kepentingan dalam pengawasan pelaksanaannya.

"Kombinasi antara sistem yang baik, kepatuhan masyarakat menjalani sejumlah aturan dan konsistensi pengawasan dari para pemangku kepentingan mampu menciptakan mekanisme pengendalian Covid-19 yang baik," ujar Rerie. (mrk/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler