Lestari Moerdijat Sebut Vaksin Nusantara Wujud Kemandirian Bangsa

Minggu, 05 September 2021 – 18:59 WIB
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat SS, MM. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyampaikan, perlunya mempersiapkan kemandirian bangsa untuk menghadapi tantangan menjalani norma baru keseharian di masa datang setelah pandemi Covid-19.

"Dalam menjalani norma baru pascapandemi, tentu memerlukan berbagai sarana pendukung yang diharapkan kita sebagai bangsa mampu mempersiapkannya secara mandiri," kata kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/9).

BACA JUGA: Kasus Covid-19 Menurun, Lestari Moerdijat: Harus Belajar dari India, Jangan Lengah!

Menurut Lestari, sejumlah sarana pendukung, seperti vaksin, peralatan tes Covid-19, dan perlengkapan kesehatan lainnya diharapkan mampu dibuat bangsa sendiri.

Pembuatan vaksin nusantara dan sejumlah vaksin lain produk anak bangsa misalnya, menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, merupakan langkah antisipatif sekaligus strategis mewujudkan kemandirian bangsa.

BACA JUGA: Ketua DPD RI Ajak Kepala BPOM Berjiwa Besar Dukung Vaksin Nusantara

Terobosan itu sebagai upaya membebaskan Indonesia dari Covid-19 dan sejumlah ancaman penyakit lainnya.

Selain itu, tambah Rerie, sejumlah peralatan lain seperti alat uji untuk menerapkan tes swab antigen dan PCR yang menjadi salah satu persyaratan perjalanan dan sejumlah kegiatan lainnya, juga diharapkan mampu diproduksi anak negeri.

BACA JUGA: Konon Vaksin Nusantara Dipesan Turki, Cek Faktanya

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu sangat berharap, momentum pandemi Covid-19 ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangun kemandirian bangsa.

Menurut Rerie, selain karena pandemi Covid-19, era disrupsi yang terjadi di dunia ini menuntut kita sebagai bangsa melakukan berbagai perubahan sikap dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman.

Dia menegaskan, kebijakan strategis dan antisipatif harus terus dihasilkan untuk menghindari bangsa ini dari ketergantungan dari luar dalam menjawab tantangan yang ada.

Salah satu yang bisa diupayakan, kata Ririe, segera membangun kemandirian bangsa dengan memaksimalkan potensi-potensi anak bangsa yang kita miliki.

Langkah ini untuk menekan ketergantungan kita terhadap negara lain di sejumlah bidang.

"Dengan semangat kemandirian di berbagai bidang, bangsa kita mampu berbicara banyak di kawasan bahkan di dunia dalam menjawab tantangan di masa datang," ujar Ririe yakin. (mar1/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jerinx SID Menunggu Vaksin Nusantara, Ini Alasannya


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Tim Redaksi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler