Lestari Summit 2024 Memperkuat Kolaborasi untuk Masa Depan Berkelanjutan

Jumat, 23 Agustus 2024 – 12:32 WIB
Lestari Summit 2024 dihadiri Menteri LHK Siti Nurbaya dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto: dok KG

jpnn.com, JAKARTA - Lestari Summit 2024 sukses digelar pada Rabu, 21 Agustus 2024, di Hotel Raffles, Jakarta. Acara ini berhasil menyatukan berbagai pemangku kepentingan dari sektor publik, swasta, dan masyarakat untuk membahas dan merumuskan solusi inovatif guna mencapai keberlanjutan lingkungan.

Lestari Summit kali ini memfokuskan perhatian pada pengembangan teknologi hijau, pengelolaan sumber daya alam, dan perubahan perilaku konsumen.

BACA JUGA: Menteri Siti Nurbaya: Pemerintah Menghargai Prakarsa Lestari Awards

 "Lestari merupakan bentuk komitmen kami di KG Media terhadap keberlanjutan. Hari ini kami mengajak Anda semua untuk tidak hanya mendengar, tetapi juga bertindak. Mari kita bersama-sama menciptakan Small Actions inPursuit of a Bigger Impact.  Setiap langkah kecil yang kita ambil hari ini akan membentukmasa depan yang lebih cerah bagi kita semua," ujar Andy Budiman, CEO KG Media.

BACA JUGA: Festival Sidang Balai Panjang Tanah Periuk: Merawat Lingkungan Melalui Kearifan Lokal

Lestari Summit 2024 mengangkat tema "Fostering Sustainability Through Inclusive Local Practice and Policy Making," berfokus pada empat pilar utama yaitu: 

-Inklusivitas: Melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk komunitas lokal, untuk menciptakan solusi yang adil dan berdampak luas dalam keberlanjutan.

BACA JUGA: Rayakan HUT ke-17, Alfamidi Tanam 17.000 Bibit Pohon untuk Kelestarian Lingkungan

-Praktik Lokal: Mengadopsi kearifan lokal dan praktik terbaik yang sesuai dengankondisi unik di setiap daerah, di mana tindakan lokal dapat berdampak global.

-Pembuatan Kebijakan: Merumuskan kebijakan yang adil dan seimbang, melibatkan semua pemangku kepentingan untuk melindungi planet dan memberi manfaat bagi semua pihak.

- Transisi: Memahami bahwa keberlanjutan adalah perjalanan berkelanjutan, memastikan tidak ada yang tertinggal dengan mendorong langkah-langkah kecil menuju masa depan yang lebih hijau dan bersih.

KG Media meyakini bahwa setiap suara dari setiap pihak memainkan peran penting dalam mencapai tujuan bersama.

Acara ini menghadirkan sejumlah pembicara utama dari berbagai bidang, termasuk ilmuwan lingkungan, aktivis, dan pemimpin industri.

Para pembicara tersebut membagikan wawasan dan strategi terbaik untuk menghadapi tantangan lingkungan global yang semakin mendesak.

Salah satu sorotan utama dari acara ini adalah sesi diskusi panel yang membahas topik-topik penting, termasuk "Building The Green Jobs and Human Capital Roadmap to Achieve a Sustainable Future".

Diskusi ini menggarisbawahi pentingnya pekerjaan ramah lingkunganatau green jobs serta kebutuhan untuk meningkatkan ekonomi berkelanjutan.

 Lestari Summit 2024 juga menampilkan Lestari Awards, yang memberikan penghargaan kepada individu dan organisasi yang telah menunjukkan dedikasi serta inovasi dalam upaya perlindungan lingkungan.

Chief Marketing Officer KG Media, Dian Gemiano, menegaskan, pemilihan pemenang dilakukan dengan sangat ketat oleh EY, bekerja sama dengan asesor dari badan regulator, akademisi, dan praktisi keberlanjutan.

“Kami di KG Media hanya sebagai penyelenggara. Keputusan akhir sepenuhnya ada di tangan para asesor yang membawakeahliannya di bidang regulasi, akademisi, dan keberlanjutan untuk menentukan pemenangnya,” kata Dian Gemiano.

Ajang penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap inisiatif keberlanjutan terbaik dari berbagai sektor. Penghargaan diberikan dalam berbagai kategori sebagai berikut:

Penghargaan Khusus:

? Penghargaan untuk Pemimpin Berkelanjutan dalam Dampak Sosial: Sunarso,CEO PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

? Penghargaan untuk Pemimpin Berkelanjutan Tahun Ini dalam Transisi Energi: Darmawan Prasodjo, CEO PT PLN (Persero)
Penghargaan untuk Pemerintah Daerah:

? Lingkungan dan Kesejahteraan Sosial Berkelanjutan: Kabupaten HuluSungai Tengah, Kalimantan Selatan


? Pengembangan Komunitas Berkelanjutan: Kabupaten Siak, Riau


? Kota dan Komunitas Berkelanjutan: Kota Samarinda, Kalimantan Timur

Penghargaan Industri:

? Manajemen Sampah: PLN Wastewise, PT PLN (Persero)


? Konsumsi & Produksi Bertanggung Jawab: Astra Circular EconomyEcosystem, PT Astra International Tbk


? Energi Terbarukan: Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung Cirata 145, PT PLNNusantara Power


? Efisiensi Energi: Sido Sustainergy Meningkatkan Efisiensi Energi untukOperasi Pabrik Berkelanjutan, PT Sido Muncul Tbk


? Keragaman, Keadilan, & Inklusi: PT Unilever Indonesia Tbk


? Manajemen Talenta: Unleash People Potential, PT Telkomsel


? Hak Asasi Manusia & Standar Tenaga Kerja: Penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia: Yayasan Operasional Bisnis Merdeka, PT Merdeka Copper Gold Tbk

? Ekosistem Berkelanjutan: Program Taman Kehati, PT Triputra Agro Persada Tbk


? Kesehatan & Kesejahteraan yang Baik: Menciptakan Budaya Peduli, Kalla Group


? Rantai Pasokan Berkelanjutan: Kebijakan Pengadaan Hijau, PT Pertamina (Persero)


? Kemitraan Inovatif: Biki Point: Titik Penyelamatan Makanan dari Awal hingga Akhir dalam Jam Pengemasan Buah & Sayur


? Hubungan dengan Komunitas Lokal: Desa Sejahtera Astra, PT Astra InternationalTbk

Hadir dalam kesempatan ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan  Siti Nurbaya dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah untuk langsung memberikan penghargaan piala Lestari Awards kepada penerima apresiasi serta pemenang.

Lestari Awards 2024 menegaskan pentingnya peran individu dan organisasi dalam upaya keberlanjutan serta memberikan pengakuan atas kontribusi yang signifikan terhadap masa depan yang lebih berkelanjutan.

Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, diharapkan para pemenang bisa terus memotivasi dan menginspirasi lebih banyak pihak untuk terlibat  dalam perlindungan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler