Lewat Gebyar UKMK, BPDPKS Optimistis Sawit Go Internasional 

Jumat, 29 September 2023 – 19:24 WIB
Pemukulan gong tanda dibukanya acara gebyar UKMK berbasis sawit di Palembang Indah Mall (PIM), Jumat (29/9). Foto: Cuci Hati/JPNN.

jpnn.com, PALEMBANG - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) optimistis sawit bisa go internasional lewat kegiatan Gebyar UKMK berbasis sawit yang digelar di Palembang Indah Mall (PIM), Jumat-Minggu (29 September-1 Oktober). 

Sebelumnya, BPDPKS menggelar kegiatan UKMK di Ambarukmo Plaza Yogyakarta akhir Juli lalu.

BACA JUGA: Dukung Pengusutan Korupsi Dana Sawit di BPDPKS, Sahroni: Kejagung Harus Jeli

Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana/Plt Direktur Kemitraan BPDPKS Kabul Wijayanto mengatakan, kegiatan yang dilakukan tersebut untuk mendukung UKMK (usaha kecil menengah dan koperasi) sawit bisa go international. 

"Kami berharap melalui kegiatan ini output-nya para UKMK berbasis sawit dapat meningkatkan kemampuan SDM, penelitian dan pengembangan, promosi, hilirisasi dan diversifikasi produk sawit dan lainnya," kata Kabul, saat ditemui di sela-sela acara, Jumat (29/9).

BACA JUGA: BPDPKS Lawan Kampanye Negatif Sawit lewat Palm Oil EduTalk

Menurut Kabul, lewat kegiatan tersebut, para UKMK bisa sharing pengetahuan dalam kegiatan.

"Tidak menutup kemungkinan, ada inovasi dan ide kreatif, sehingga turunan sawit dapat diproduksi dan dikembangkan oleh UKMK, sehingga memenuhi kualifikasi produk dan bisa layak ekspor," ujar Kabul.

BACA JUGA: Dukung Regenerasi Petani Sawit PIR di Banten, BPDPKS Berkolaborasi dengan Aspekpir

Dalam pegelaran gebyar UKMK, lanjutnya, para UKMK dapat mengetahui syarat, dan soal sertifikasi serta standarisasi produk.

"Dengan begitu pasar luar negeri bisa menerima sawit dengan baik," ungkap Kabul.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa kegiatan tersebut, diikuti UKMK Mitra BPDPKS yang merupakan UKMK sawit mewakili Asosiasi Petani Sawit, seperti ASPEKPIR, Apkasindo, Apkasindo Perjuangan, SPKS dan Samade.

Ada lagi dari Santriprenur UKMK Sawit, UKM Sawit Pemuda Muhammadiyah, UKM Batik Sawit, termasuk mitra UKM dari berbagai Perguruan Tinggi. 

"Kami juga melibatkan Ponpes untuk menjadi bagian inisiasi produk di kelapa sawit," bebernya.

Rangkain kegiatan di PIM ini meliputi pameran UKMK sawit, talkshow, lomba sawit dan entertainment untuk mempromosikan kebaikan-kebaikan sawit dan melawan kampanye negatifnya. 

"Kami mempertemukan semua pihak terkait, termasuk dari Bea Cukai agar para UKMK mengetahui syarat-syarat ekspornya," terang Kabul.

Kabul berharap, dengan adanya gebyar tersebut, para UKMK ini bisa naik kelas dan menularkan pengetahuan hingga informasi yang didapat kepada yang lain.

"Mudah-mudahan UKMK dapat naik kelas, dan sawit dapat go internasional," tutup Kabul. 

Diketahui, BPDPKS memiliki misi menjalankan kebijakan pemerintah dalam program pengembangan sawit berkelanjutan melalui penghimpunan, pengembangan, dan penyaluran dana sawit yang terpadu dan tepat guna, secara profesional dan akuntabel.

Untuk kepentingan pengembangan SDM, penelitian dan pengembangan, promosi peremajaan, sarana dan prasarana, pemenuhan kebutuhan pangan, hilirisasi industri perkebunan kelapa sawit dan penyediaan serta pemanfaatan bahan bakar nabati.

Kinerja BPDPKS didasarkan pada kemampuan menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana. Dana yang disalurkan akan memberikan dampak bagi peningkatan kinerja sektor sawit Indonesia. 

Dalam struktur organisasi BPDPKS juga terdapat direktorat yang memilliki tugas dalam menjalankan kegiatan kemitraan.  Salah salah satunya adalah menjalankan  fungsi kemitraan dengan (UKMK) Usaha Kecil Menengah dan Koperasi.

Pada tahun ini hingga Agustus, berbagai kegiatan kemitraan UKMK BPDPKS telah dilakukan. Atara lain Pameran dan Talkshow Sinergi Pemberdayaan UKMK Kemenkeu Satu di Pontianak, Kalimantan Barat, Pameran dan Talkshow Sinergi Pemberdayaan UKMK Kemenkeu Satu di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Kemudian Partisipasi Santripreneur UKM Sawit BPDPKS dalam BLU Expo di Jakarta, Dukungan Sawit Learning Centre BPPK Riau, Partisipasi UKM Sawit mitra BPDPKS  dalam Asean Finance Minister Meeting di Bali  Partisipasi UKM Sawit Mitra BPDPKS dalam PAStival Fair di Jakarta, Workhop Pengolahan Sawit untuk Pra CPO bekerjasama dengan BRIN di Kaltim dan Bangka Belitung.

Workhop Santripreneur UKMK Sawit Kerjasama dengan APKASINDO untuk mendukung PSR di Sumbar dan Sumsel, Workshop UKMK Sawit Kerjasama dengan Aspekpir di Kalbar dan Sumut, Promosi sawit sehat bagi UKMK di Jatim Jateng dan Jakarta, Partisipasi Pameran produk UKM Sawit Mitra BPDPKS di ITSI Medan, Partisipasi Pameran produk  UKM Sawit Mitra BPDPKS di Indonesia City Expo di Makassar.

Kemudian Kegiatan Bimbingan Teknis Sawit Baik Membangun UMKM Berdaya Saing dengan Memanfaatkan Kebaikan Kelapa Sawit dan Optimalisasi Teknologi Digital di Demak dan Jepara.

Ada juga kegiatan aplikasi pengolahan buah sawit menjadi Pra-CPO Untuk Peningkatan Daya Tawar Petani Sawit Mandiri Di Sentra Perkebunan Sawit Rakyat di Kaltim, Promosi Gebyar UKMK Berbahan Sawit ”Just Saw It UKMK” dalam Mendukung UKMK Sawit Go International di Yogyakarta dan Partisipasi pameran produk  UKM Sawit mitra BPDPKS  dalam Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF) dengan tema “Merdeka Belanja Produk Dalam Negeri, di JIEXPO.

Selanjutnya kegiatan Promosi Sawit Baik pada Sawit Indonesia Expo (SIEXPO) 2023 di Pekanbaru, Workshop Santripreneur UKMK Sawit Go Global di Palembang Sumatera Selatan, Inkubator Bisnis UMKM Produk Turunan Sawit di Banda Aceh, Sosialisasi Manfaat Minyak Makan Merah untuk Kuliner dan Kesehatan di Pekanbaru, Partisipasi pameran produk  UKM Sawit mitra BPDPKS dalam Kegiatan ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (AFMGM) di Jakarta dan Promosi Diversifikasi Produk Kelapa Sawit di Wilayah Jawa Tengah di Semarang.

Apresiasi yang diterima terhadap kegiatan kemitraan UKMK BPDPKS antara antara lain, penghargaan Booth Terbaik kategori terfavorit dalam Indonesian Research Expo 2023, Sawit Award tahun 2022 untuk Kategori Program Penguatan UKMK dan Petani Sawit dari Majalah Sawit Indonesia, Indonesia CSR Award 2021 untuk Program Koperasi dan UKM sawit dari Warta Ekonomi dan Program Kemitraan UKMK Santripreneur Berbasis UKMK sawit dalam Milenial Syariah Festival 2021 dari Warta Ekonomi. (mcr35/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BPDPKS & Aspekpir Berkolaborasi untuk Berdayakan UMKM di Kalbar


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
BPDPKS   Gebyar UKMK   UMKM   pelaku usaha   sawit  

Terpopuler