Lewat Peternakan, PMI Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Papua

Selasa, 17 Januari 2023 – 03:22 WIB
Program Papua Muda Inspiratif (PMI) untuk mendorong masyarakat menggeluti peternakan ayam, kini telah menunjukkan hasil. Foto dok PMI

jpnn.com, PAPUA - Program Papua Muda Inspiratif (PMI) untuk mendorong masyarakat menggeluti peternakan ayam, kini telah menunjukkan hasil.

Setidaknya kini sudah ada 16 lokasi pengembangan peternakan ayam petelur di Provinsi Papua dan Papua Barat, bahkan direncanakan akan dibangun lagi 10 lokasi peternakan ayam pada Januari 2023.

BACA JUGA: Gelar Rakor, Buruh di Banten & Bogor Perluas Dukungan untuk Ganjar Agar jadi Presiden

Peternakan ayam petelur ini dikelola oleh para millenial anggota PMI, maupun masyarakat binaan mereka.

Jumlah ternak ayam di setiap lokasi mencapai ribuan bahkan ada sampai puluhan ribu ekor. Omset mereka berkisar puluhan hingga ratusan juta per bulan.

BACA JUGA: Terpilih jadi Model, Puluhan Anak Muda Papua Bakal Tampil di Peresmian Gedung PYCH

Peternakan ayam yang dikelola profesional ini tersebar, yaitu di Kab. Manokwari ada 4 unit, Jayapura ada 3, Fak-Fak 2, Jayawijaya 2, Biak 2, Sorong 1, Keerom 1 dan Nabire 1.

PMI juga memiliki binaan pada peternakan ayam pedaging dengan sebaran di 6 lokasi, yakni di Kabupaten Pegunungan Arfak 1 unit, Manokwari 2, Sorong 1, Teluk Bintuni 1 dan Tambrauw 1.

BACA JUGA: Menteri Bahlil: Pak Jokowi Mampu Membawa Indonesia dari Lubang Kehancuran Ekonomi

Pengurus PMI, Brigitta Hisage mengatakan, pengembangan peternakan hanyalah satu dari sekian banyak program pemberdayaan masyarakat yang dijalankan PMI.

Khusus sektor perternakan, PMI sudah menjangkau mulai dari ayam, babi hingga sapi. Brigitta sendiri merupakan peternak ayam petelur dengan nama usaha 'Brijid Farm'.

"Sebelum memulai usaha ayam petelur, saya bergabung dengan PMI, banyak kegiatan yang kami lakukan di bawah bimbingan BIN," ujar Brigitta, Minggu (15/1).

"Setiap bulan omset dari hasil ayam petelur sekitar Rp 52 juta, kemudian dikurangi biaya pakan dan karyawan. Keuntungan bersih setiap bulan mencapai Rp 30 juta," jelasnya.

Oleh karena itu, Brigitta mengajak anak muda untuk bisa menggeluti setiap peluang usaha, dengan tekad yang kuat dan kerja keras yang dilakukan pada saat merintisnya.

"Saya terima kasih kepada keluarga, rekan-rekan PMI, Presiden Jokowi dan Kepala BIN, Pak Budi Gunawan, atas dukungan yang diberikan. Saya mengajak anak muda Papua untuk bergabung di PMI, guna meningkatkan SDM kita," papar Brigitta.

Anggota Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP), Pdt. Alberth Yoku mengapresiasi beragam program yang dijalankan PMI dalam upaya menyejahterakan masyarakat Papua.

"Generasi muda adalah kekuatan kita, dan Papua Muda Inspiratif ini yang amanatkan oleh presiden dan dibina oleh BIN, inilah generasi emas kedepan. Jadi kita mendorong percepatan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat Papua secara bersama-sama, kolaboratif," tuturnya.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler