Lexus Bongkar Teknologi SUV Listrik Ini, Disebut Bisa Menyesuaikan Kondisi Jalan

Selasa, 14 Maret 2023 – 00:20 WIB
Lexus resmi meluncurkan mobil listrik terbaru, RZ dalam ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023. Foto: Dedi Sofian

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Lexus resmi meluncurkan mobil listrik terbaru, RZ dalam ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023.

Meski harga resmi belum diumumkan, tetapi spesifikasi mengenai mobil berjenis sport utility vehilce (SUV) ramah lingkungan itu mulai terungkap. Apa saja?

BACA JUGA: IIMS 2023: All New Lexus RX Hadir dengan 3 Pilihan Powertrain, Harga Mulai Rp 1,65 M

Lexus RZ memiliki salah satu teknologi yang membuat pengendara dan penumpangnya merasa sangat nyaman, yakni Direct4 Technology (All-Wheel-Drive) yang canggih.

Teknologi itu disebut-sebut sangat pintar karena bisa menyesuaikan kondisi jalan yang dilalui.

BACA JUGA: Ferdy Sambo Turun dari Lexus, Pistolnya Jatuh, Brigadir Adzan Romer Berlari

"Teknologi ini mengoptimalkan performa kendaraan sekaligus memberikan kondisi kemudi yang stabil sesuai dengan kondisi jalan, sehingga baik pengemudi maupun penumpang merasakan pengalaman berkendara yang natural dan nyaman," kata General Manager Lexus Indonesia, Bansar Maduma di Booth Lexus di GJAW 2023, Senin (13/3).

Dia menjelaskan teknologi tersebut bisa dirasakan pada saat jalur menikung.

BACA JUGA: Lexus UX-300e Bakal jadi Kendaraan Delegasi G20 di Bali, Intip nih Spesifikasinya

"Pada saat cornering, teknologi ini juga berlaku sehingga dapat membuat nyaman dan aman," jelas dia.

Mobil mewah itu menggunakan platform e-TNGA yang membuat struktur kendaraan lebih rigid dengan pengemasan sistem penggerak elektrik yang efisien, sehingga bobot menjadi lebih ringan.

Selain itu, SUV listrik ini juga dibekali lima fitur drive mode, seperti Normal, Sport, Eco, Custom, dan Range.

Dia mengatakan mode Range itu bisa memaksimalkan jarak tempuh berkendara pemiliknya memiliki banyak pilihan sesuai dengan kondisi.

Lexus RZ juga sudah dibenamkan dengan unsur Omotenashi khas Lexus melalui fitur-fiturnya yang fokus pada kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Di bagian kemudi, terdapat cockpit dengan konsep Tazuna yang mampu meningkatkan koneksi pengemudi dengan kendaraan.

Desain shifter juga baru berbentuk Dial-Type Shifter yang sangat ringkas, sehingga memudahkan pengemudinya saat mengoperasikan beberapa fitur kendaraan dengan voice command control termasuk on board assistant "Hi Lexus" juga telah tersedia.

Lexus RZ menggunakan baterai berkapasitas 71,4kWh dan baterai jenis lithium-ion yang mampu memberikan driving dynamics lebih baik dengan jarak tempuh hingga 400 km.

Kendaraan itu dilengkapi dengan thermal management system yang berfungsi sebagai pendingin baterai, sehingga lebih efisien dan tahan lama.

Lexus Indonesia mengklaim bahwa The All New Lexus RZ hanya memerlukan waktu sekitar 90 menit jika menggunakan DC Fast Charger dengan daya 50 kWh dari kondisi low-battery hingga baterai penuh 100 persen.

Sementara jika menggunakan sistem AC Wall Charger dengan daya 7,4 kWh, pengisian ulang baterai memerlukan waktu sekitar 10 jam.

Tida hanya teknologi, konsep Limitless Design pada Lexus RZ dinamakan “Seamless E-Motion” yang dibuat khusus untuk BEV model, sehingga terlihat berbeda.

Dengan mengadopsi bahasa desain baru Lexus, yaitu Spindle Body Concept yang berfokus pada efisiensi aerodinamis, sehingga membangkitkan pengalaman berkendara baru.

Pada bagian belakang, dilengkapi dengan L-Shaped Light Bar dan Unified Logo, sedangkan bagian velg Lexus RZ menggunakan 20-inch Dark Premium Metallic Alloy Wheels. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengemudi Mobil Lexus Tabrak Pengendara Motor di Palmerah, Satu Orang Tewas


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler