Libur Panjang, Pengguna Kereta Api Tujuan Kota Bandung Naik 24 Persen

Senin, 16 September 2024 – 14:13 WIB
Penumpang kereta api saat turun di Stasiun Bandung. Foto: doc. KAI Daop 2 Bandung

jpnn.com, KOTA BANDUNG - PT KAI Daop 2 Bandung mencatatkan jumlah pengguna transportasi kereta api dengan tujuan Kota Bandung mengalami peningkatan pada momen libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW sejak 13 – 16 September 2024.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 2 Bandung Ayep Hanapi mengatakan tercatat ada 34.458 penumpang yang datang ke Kota Bandung menggunakan kereta api di libur nasional ini pada Sabtu (14/9/2024) kemarin,

BACA JUGA: KAI Divre III Imbau Warga Tidak Buang Sampah di Sepanjang Rel Kereta Api

"Berbagai rute favorit penumpang datang ke Kota Bandung berasal dari Jakarta, Cirebon, Semarang, hingga Surabaya menuju Stasiun Bandung dan Kiaracondong,” kata Ayep dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/9).

Ayep mengungkapkan, data menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan, yakni sebesar 24,7 persen sejak weekend pekan lalu (6–9 September).

BACA JUGA: Bali Ingin Punya Kereta di Tahun 2027, Akankah Mengurangi Kemacetan?

Pada libur panjang lalu tercatat 27.724 penumpang datang ke Kota Bandung.

Dia menuturkan, faktor kemudahan akses serta kenyamanan transportasi kereta api menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan.

BACA JUGA: Hadiri Acara Maulid Nabi, Anies-Muhaimin Didoakan Jadi Pemimpin RI

Keunggulan kereta api sebagai moda transportasi yang semakin diminati oleh masyarakat Indonesia menjadi favorit pilihan untuk bepergian.

Dengan berbagai keunggulan, seperti bebas dari kemacetan, tepat waktu, serta kemudahan akses dari dan menuju stasiun yang berada di jantung kota-kota besar, kereta api menjadi solusi transportasi yang efisien dan nyaman.

“Kereta Api sebagai pilihan transportasi favorit. Selain harga tiket yang terjangkau, kereta api menawarkan kenyamanan lebih dengan pemandangan alam yang indah selama perjalanan menuju Bandung. Kereta api kelas eksekutif, bisnis, maupun ekonomi kini dilengkapi fasilitas yang nyaman dengan harga yang terjangkau di semua kalangan,” ungkap Ayep.

Bandung menyediakan berbagai atraksi wisata menarik, Para wisatawan yang berkunjung ke Bandung dapat menikmati berbagai tempat wisata unggulan, di antaranya:

1. Lembang dan Dago Pakar – Area pegunungan yang sejuk dengan panorama alam yang memukau. Pengunjung dapat menjelajahi Tangkuban Perahu, Farmhouse Lembang, atau mengunjungi Tebing Keraton di Dago Pakar.

2. Kawasan Braga dan Asia Afrika – Kawasan bersejarah yang menawarkan pesona arsitektur kolonial, kuliner lokal, dan pusat perbelanjaan cenderamata.

3. Kawah Putih dan Ranca Upas – Berlokasi di Ciwidey, wisatawan dapat menikmati pesona kawah belerang dengan air berwarna putih kehijauan, serta berinteraksi dengan rusa di Ranca Upas.

4. Dusun Bambu dan Orchid Forest Cikole – Destinasi wisata alam yang menenangkan dengan pemandangan hutan pinus yang asri serta spot foto instagrammable yang menarik.

5. Wisata Kuliner – Bandung dikenal dengan berbagai makanan khasnya seperti surabi, batagor, siomay, dan berbagai inovasi kuliner modern. Pusat kuliner ada di Braga, Dago, Cihampelas, dan Paskal Food Market selalu ramai olehWisat wisatawan.

6. Wisata Belanja – Bandung juga dikenal sebagai kota fashion dengan berbagai factory outlet dan distro yang menjual pakaian dengan harga terjangkau. Kawasan Dago dan Cihampelas merupakan pusat perbelanjaan yang banyak dikunjungi wisatawan. (mcr27/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Relawan Asandra Perkuat Nilai Keagamaan Melalui Maulid Nabi di Kota Malang


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler