Liburan Tahun Baru Usai, ini 5 Cara Detoks Tubuh

Jumat, 19 Januari 2018 – 04:48 WIB
ilustrasi detoks

jpnn.com - Perayaan tahun baru sudah berakhir. 'Dosa' yang Anda lakukan saat pesta tahun baru dan liburan karena melahap segala jenis makanan dan melanggar pantangan diet, tentu harus ditebus.

Karena itu, yang Anda butuhkan segera adalah melakukan detoks!

BACA JUGA: Dewi Perssik Ngamuk Suami Dibilang Cuma Numpang Liburan

Detoks, atau detoksifikasi, adalah istilah umum yang mengacu pada proses membersihkan tubuh dari racun-racun melalui empat organ pertama, yaitu hati, ginjal, saluran pencernaan, dan kulit. Prosesnya bisa melalui urin, pernapasan, keringat, dan tinja.

Berikut ini adalah detoks tubuh yang diperlukan usai merayakan tahun baru:

BACA JUGA: Sambut Tahun Baru, Pemain Persija Beristirahat Latihan

1. Mulai dengan makanan bergizi seimbang.

Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, Anda bisa memulai hari Anda dengan baik. Sarapan dengan menu roti gandum ditambah telur dan selada di dalamnya akan melengkapi nutrisi menu sarapan Anda.

BACA JUGA: 5 Minuman Detoks Terbaik untuk Kesehatan

2. Tambahkan buah dan sayur.

Konsumsilah buah dan sayur untuk memenuhi gizi yang sempat terabaikan selama liburan tahun baru. Buah dan sayur kaya vitamin dan mineral yang berguna untuk kelangsungan hidup sel dalam tubuh manusia.

Selain itu juga kaya antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Mengonsumsi buah dan sayur juga kaya serat bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Olahraga teratur.

Selama liburan ke luar kota atau luar negeri, mungkin Anda tidak membawa serta sepatu dan peralatan olahraga. Jadi, setelah liburan, jadwalkan olahraga minimal 30 menit. Lakukan secara teratur minimal 4 kali dalam seminggu. Olahraga berguna untuk mengeluarkan racun dari tubuh melalui keringat dan membakar lemak yang terkumpul selama liburan.

4. Hindari fast food.

Saat proses detoksifikasi, jauhi fast food atau makanan siap saji. Fast food mengandung kalori tinggi dan lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

5. Banyak minum air putih.

Tubuh Anda sebagian besar terdiri dari air. Kandungannya bervariasi sesuai usia. Pada umumnya, kandungan air dalam tubuh adalah sekitar 60 persen, sedangkan pada orang usia lanjut atau di atas 65 tahun, sekitar 50 persen.

Karenanya, air putih merupakan kebutuhan dasar yang penting untuk kelangsungan hidup Anda.

Salah satu fungsi air putih adalah menjaga kesehatan hati. Air merupakan komponen terbesar dari darah. Sementara hati merupakan organ yang juga menyaring darah karena kemampuannya membuang racun.

Sehingga air juga berpengaruh terhadap fungsi detoksifikasi hati dan membantu membuang racun pada hati melalui kulit dan saluran pencernaan.

Seiring waktu, ketahanan tubuh bisa berkurang akibat dipengaruhi oleh apa yang Anda konsumsi, gaya hidup, stres, racun dari lingkungan Anda dan aktivitas, serta kebiasaan tak sehat. Detoksifikasi bisa memberi tubuh Anda ruang, waktu, dan kondisi yang tepat untuk mengatasi faktor-faktor tersebut. Hasilnya, vitalitas dan keseimbangan tubuh dapat pulih.(RN/RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Manfaatkan Liburan dengan Relaksasi Jiwa dan Raga


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
detoks   Liburan  

Terpopuler