Manfaatkan Liburan dengan Relaksasi Jiwa dan Raga

Minggu, 24 Desember 2017 – 05:21 WIB
Ilustrasi. Seorang wanita sedang menghirup udara segar. Foto Women Healthy

jpnn.com - Rutinitas terkadang membuat jiwa menjadi tumpul, semangat pun mengendur. Agar tidak terjebak pada situasi ini, yang perlu dilakukan adalah pergi liburan.

Tidak dimungkiri, liburan memang sangat baik untuk mengembalikan kesehatan jiwa dan raga. Tak heran, sebab liburan bisa memberikan perasaan relaks, santai, hingga meningkatkan kualitas hidup Anda.

BACA JUGA: WOW... Syahrini Liburan di Belanda

Nah, agar liburan benar-benar bisa memberikan Anda manfaat tersebut, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Manfaatkan untuk berolahraga lebih teratur

BACA JUGA: Pemerintah Siapkan Antisipasi Long Weekend Iduladha

Olahraga secara rutin dan teratur memicu produksi hormon endorfin, yang mampu memperbaiki mood Anda. Tidak hanya sampai di situ, olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur selama liburan juga membuat sehat secara jiwa dan raga.

Hal ini pada akhirnya akan membuat Anda lebih bersemangat dalam menghadapi setiap tantangan hidup di hari-hari berikutnya.

BACA JUGA: Kelas Menengah Lebih Suka Berlibur daripada Belanja

2. Arahkan kembali cita-cita Anda.

Liburan membuat Anda berhenti sejenak dari rutinitas sehari-hari. Manfaatkan momen ini untuk merenung, agar bisa instrospeksi diri.

Anda pun bisa bertanya pada diri sendiri, “Apa yang Anda lakukan sekarang? Apa yang ingin Anda capai dalam hidup? Apakah tindakan yang dilakukan membuat Anda dekat dengan tujuan awal?”

Penting untuk membuat prioritas, dan Anda tidak perlu menyenangkan semua pihak. Ingatlah untuk fokus pada diri sendiri, sebelum kepada orang-orang yang Anda cintai.

3. ‘Manjakan’ tubuh.

Mesin perlu perawatan berkala, demikian pula dengan tubuh Anda. Pernahkah Anda memeriksa tekanan darah? Atau, berapakah kadar kolesterol jahat (LDL) Anda? Jika belum mengetahui jawabannya, maka sebaiknya memeriksakan diri segera.

Ingat tubuh adalah investasi terbesar yang dimiliki manusia. Maka itu, Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, agar tubuh bisa tetap prima menghadapi setiap tantangan hingga hari tua.

4. Lakukan hobi Anda.

Saat melakukan hobi, jiwa dan raga Anda akan terpuaskan. Aktivitas favorit ini pun kerap memberikan inspirasi, yang bisa dijadikan terobosan baru dalam karir dan hidup Anda.

Liburan adalah momen berharga yang tidak bisa Anda rasakan setiap hari. Oleh karena itu, jangan habiskan momen berharga ini hanya dengan hura-hura semata.(NB/RH/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ayu Ting Ting dan Raffi Sama-sama Pamer Liburan ke Luar Negeri


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Liburan  

Terpopuler