Liga 2: Ketat di Grup 3 dan 4, Grup 8 Home Tournament

Jumat, 31 Maret 2017 – 07:46 WIB
Suasana manager meeting klub Liga 2 di Makostrad, Kamis (30/3) malam. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pembagian grup kompetisi Liga 2 2017 yang digelar di Makostrad TNI, Kamis (30/3) sore memunculkan persaingan tak merata

Itu karena dari total 60 klub yang ambil bagian, semuanya tidak ditempatkan dalam grup dengan jumlah tim yang sama.

BACA JUGA: Mau Tidak Mau, Mat Halil Harus Off

Grup 1 sampai 5 berisi delapan tim, sementara grup 6 dan 7 berisi tujuh tim, dan grup 8 berisi enam tim. Format pertandingan nantinya akan menggunakan home and away. Dua tim yakni juara dan runner up grup‎ bakal lolos ke babak 16 besar.

Paling menarik adalah persaingan di grup 3 yang berisi tim Jawa Tengah dengan satu tim asal Jawa Barat, PSGC Ciamis.

BACA JUGA: Okta Cedera, Persebaya Makin Pusing

Laga panas dengan aroma balas dendam bakal tersaiji saat finalis kompetisi ISC B 2016, juga akan berjibaku kembali dalam laga pembuka Liga 2 pada 19 April nanti, yakni PSCS Cilacap dan PSS Sleman. Tim ini diprediksi bisa menjadi wakil grup 3 di babak 16 besar. Keduanya hanya harus mengantisipasi Persijap Jepara yang bisa saja menjadi Kuda Hitam.

Persaingan panas berikutnya akan tersaji di grup 4 yang berisikan tim-tim tradisional Jateng seperti PSIS Semarang, Persis Solo, dan Persiba Bantul. Mereka diprediksi bakal bersaing untuk menjadi dua tim teratas dan lolos ke 16 besar.

BACA JUGA: Mat Halil Hanya Bisa Pasrah

Di grup 1 persaingan lolos tampaknya hanya akan menjadi milik PSMS Medan dan Pro Duta. Tapi, kehadiran tim 757 Kepri Jaya yang bisa menahan Arema FC di uji coba pekan lalu, bakal meramaikan peta persaingan.

Selanjutnya di grup 5, Persebaya Surabaya tampaknya bakal melaju mulus menjadi juara grup karena lawan-lawan yang dihadapi tak terlalu berat. Saingan Green Force sepertinya hanya PSIM Yogyakarta dan Martapura FC.

Di grup 2, persaingan terlihat cukup merata dan masih samar ditebak siapa yang bakal berada di atas. Tapi, permainan Cilegon United dan kesiapan Lampung FC menyambut kompetisi, harus diakui lebih baik dari tim yang lain.

Di grup 6 ada Persik Kediri serta Kalteng Putra, yang telah mematangkan tim mereka jauh sebelum kompetisi berputar. Nama Persewangi Banyuwangi dan PSBK Blitar, bisa menjadi tim perusak peta prediksi lolos.

Grup 8 menjadi grup yang paling sulit ditebak karena semua tim berstatus tamu. Bagaimana tidak, karena masalah geografis, enam tim peserta nantinya akan melaksanakan home tournament di Jayapura. Hanya Yahukimo FC, yang selama ini dikenal sebagai tim konsisten lolos dari fase grup.

Sementara itu, di grup 7 Persekam Metro FC yang pemainnya beberapa direkrut oleh Arema FC, bakal menjadi lawan berat Celebest FC dan Madura FC yang bersaing lolos.

Menarik ditunggu, karena beberapa laga di babak penyisihan ini bakal ditayangkan langsung oleh TV One. Persaingan tim-tim legendaris seperti Persebaya, PSMS, Persis Solo, PSIS Semarang, bakal menjadi magnet Liga 2. (dkk/jpnn)

Pembagian Grup di Liga 2

Grup 1
Persiraja
PSBL
PSMS
PSPS
Persih FC
757 Kepri FC (Bintang Jaya)
Pro Duta
PS Bangka

Grup 2
Lampung Sakti (Persires)
PS Bengkulu
Persita
Cilegon United
Perserang
Persikad
Persikabo
Persika

Grup 3
PSGC
PSCS
Persibas
Persibangga
Persip
PSS
Persijap
Persibat

Grup 4
Persipon
PSIS
PSIR
PPSM Magelang
Persis
Persiba Bantul
Persipur
Sragen FC (Laga FC)

Grup 5
PSIM
Persatu
Persinga
Madiun Putra
Persebaya
PSBI Blitar
Persepam MU
Martapura FC

Grup 6
Persewangi
Persik
Sidoarjo United
PSBK Blitar
Mojokerto Putra
PERSSU Real Madura
Kalteng Putra

Grup 7
Madura FC (Persebo)
Persekap Pasuruan
Persekam Metro FC
Persigo Semeru FC
PS Badung
PS Sumbawa Barat
Celebest FC

Grup 8
Persbul
Yahukimo FC
Persifa Fak Fak
PSBS Biak
Persigubin
Perseka Kaimana‎

BACA ARTIKEL LAINNYA... TV One Jamin Siaran Langsung Liga 1 dan 2 Seimbang


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Liga 2   Persebaya   PSMS  

Terpopuler